Translate

Rahasia Melepaskan Diri Dari Kesedihan

Rahasia melepaskan diri dari kesedihan – Dalam perjalan kehidupan kita di dunia ini, tentu kesedihan acap kali mewarnai perjalanan hidup kita. Pemicu dari kesediahan tersebut sangat beragam dan variatif. Eskalasenya pun tentu berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Biasanya kesedihan yang paling membekas dalam hidup kita ialah ketika kita kehilangan orang yang sangat kita cintai dan kasihi dalam hidup ini.

Kebanyakan orang sangat sulit untuk keluar dari kesedihan yang diakibatkan karena kehilangan orang yang dikasihinya. Duka mendalam terus mengoncang hidupnya. Roda hidup seakan berhenti berputar. Langkah seakan berat untuk diayukan. Harapan seakan sirna dari hidupnya. Motivasi hidup seakan mati. Kesedihan telah menjadi penjara bagi hidupnya.

Namun sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus, kita punya berita baik ketika kesedihan menimpa hidup kita. Rasul Paulus dalam suratnya kepada orang Kristen yang ada di Kota Tesalonika terkait dengan kesedihan mereka karena kehilangan orang yang dikasihinya menulis demikian: “Selanjutnya kami tidak mau saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang-orang lain yang tidak mempunyai pengharapan” – 1 Tesalonika 4:13.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa rahasianya supaya bisa melepaskan diri dari kesedihan hidup kita?” Ada beberapa hal yang harus kita lakukan, yaitu:


1.Berdamailah dengan masa lalu kita.
Masa-masa indah bersama dengan orang yang kita kasihi memang sangat membekas dan sulit untuk dilupakan ketika orang yang kita kasihi itu meninggalkan kita. Kenangan akan masa lalu itu, acap kali menambah panjang kesedihan hidup kita. Oleh karena itu, kita harus segera bersikap untuk berdamai dengan masa lalu itu dengan cara meninggalkan semua kenangan itu dan memulai lembaran yang baru dalam hidup kita.

2. Fokuskan diri pada hal yang positif.
Rasul Paulus dalam suratnya kepada orang Kristen yang ada di kota Filipi demikian: “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu” – Filipi 4:8. Apa yang orang pikirkan tentang kita, itu bukan urusan kita. Fokuslah pada hal positif yang bisa kita kerjakan untuk mendapat hasil positif.

3. Waktu bisa merubah segalanya.
Kehilangan orang yang kita kasihi memang awalnya sangat menyedihkan. Namun, seiring dengan berlalunya waktu, kita juga menyadari bahwa kita tidak mungkin akan selalu bersedih. Ingatlah waktu bisa mengubah segalanya. Maka jika ada masalah, bersabar dan tenang saja. Berilah sedikit waktu untuk masalah kita. Seiring dengan waktu, pasti akan selesai dengan sendirinya. 

4. Tentukan sikap untuk hidup bahagia.
Orang lain tidak mungkin membuat hidup kita bahagia. Walaupun hal itu tidak selalu demikian. Tetapi, kunci utama kebahagiaan kita ialah diri kita sendiri. Tidak ada satu pun alasan untuk kita agar bisa bahagia kecuali diri kita sendiri. Jadi, bertindaklah dan tentukan sikap untuk hidup bahagia.

5. Jangan membandingkan diri dengan orang lain.
Jangan samakan hidup kita dengan org lain, karena kita tidak tahu jalan seperti apa dan masalah apa yang mereka hadapi dalam hidup. Kita semua punya porsi masalah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bersikaplah untuk tidak selalu membandingkan diri dengan orang lain.

 6. Pikirkan hal-hal yang penting saja.
Kita tentu memiliki pola pikir yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Cara pandang kita terhadap kesedihan menentukan keyakinan kita menghadapi kesedihan tersebut. Jadi, janganlah banyak berpikir tentang hal-hal yang ga penting, karena akan lebih baik bagi kita untuk tidak mengetahui semua jawabannya.

7. Selalulah optimis dalam hidup.
Sikap optimis merupakan salah satu hal penting yang perlu kita tumbuh-kembangkan dalam hidup ini. Terlebih khusus ketika saat-saat yang menyedihkan terjadi dalam hidup kita. Tersenyumlah, (bagaikan) tidak memiliki masalah apa pun di dunia ini. Senyuman bisa membantu hati dan pikiran kita menjadi lebih baik dalam sekejap. 
Baca juga: UCAPAN SYUKUR JEMAAT DAN KESETIAAN ALLAH.

Post a Comment for "Rahasia Melepaskan Diri Dari Kesedihan"