Translate

Cara Mengatasi Masalah Rumah Tangga 1

Cara mengatasi masalah rumah tangga – Pernikahan merupakan sesuatu yang indah dan sakral. Pernikahan yang baik dilandasi oleh kesetiaan, kepercayaan dan saling menyayangi. Bukan berarti sebuah pernikahan akan berjalan mulus tanpa kerikil, tetapi pernikahan yang memiliki landasan yang kuat akan bisa melalui berbagai tantangan. Pasangan suami-istri akan saling menghormati dan berkomunikasi dengan baik untuk mengatasi perbedaan. Oleh karena itu, setiap pasangan yang sudah menikah membutuhkan cara mengatasi masalah rumah tangga.

Makin meningkatnya angka perceraian menunjukkan bahwa rumah tangga saat ini sedang berada dalam kondisi yang kritis dan krisis yang parah. Dilemma ini bukan saja dihadapi dan dialami oleh rumah tangga non Kristen, tetapi juga sedang menimpa rumah tangga Kristen. Oleh karena itu, setiap keluarga membutuhkan cara mengatasi masalah rumah tangga untuk mencegah terjadinya perceraian.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Bagaimana caranya mengatasi masalah rumah tangga agar perceraian tidak terjadi?” Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh untuk meminimalkan meminimalkan masalah rumah tangga.


1. Miliki janji hati yang kuat.
Janji hati yang kuat merupakan cara mengatasi masalah rumah tangga. Janji hati yang kuat ditandai dengan sikap mencintai perbedaan yang ada dalam rumah tangga anda. Dikatakan demikian karena dia yang anda cintai memiliki keunikan tersendiri dengan kepribadian yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Janganlah berpura-pura untuk menjadi orang lain dan melupakan kepribadian yang dicintai pasangan Anda.

2. Gunakan komunikasi yang santun.
Dia yang anda nikahi bukan pribadi sempurna karena memang tidak ada manusia yang sempurna. Dalam frame itu, tentunya ada perbedaan selera, perbedaan persepsi dan perbedaan pemahaman. Oleh karena itu, bertekadlah untuk menyelesaikan perbedaan tanpa ancaman dan amarah. Hadapi perbedaan dengan komunikasi yang baik, santun dan sehat. Dengarkan apa yang pasangan Anda ingin sampaikan dengan baik dan seksama. Gunakan bahasa-bahasa yang membangun dan menyelesaikan masalah. Minta maaf pada pasangan Anda jika Anda berbuat salah. Hindari kata-kata kasar atau berupa ancaman karena tidak akan membantu menyelesaikan masalah, justru akan memperkeruh keadaan.

3. Jadilah team work yang solid.

Suami-istri harus punya janji untuk bekerja sama dan saling mendukung. Pernikahan tidak akan bertahan lama tanpa kerja sama dan dukungan antara suami-istri. Bekerja sama berarti Anda tidak akan mencoba untuk menjadi yang lebih hebat atau berkuasa. Apa pun pekerjaan atau jabatan Anda di luar rumah, Anda memiliki derajat yang sama dengan pasangan. Anda juga tidak akan menyimpan dendam terhadap pasangan. Ketika Anda bekerja sama dengan baik, Anda akan menciptakan suatu hubungan selaras dan penuh kepercayaan. 

Baca juga: RAHASIA MEMILIKI HIDUP YANG BERKUALITAS.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Masalah Rumah Tangga 1"