Translate

Apa Makna Kematian Yesus 1

Apa makna kematian Yesus – Rasul Paulus terkait dengan kematian Yesus, menulis dalam suratnya kepada orang Kristen di kota Roma demikian: “Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya” – Roma 3:25”

Sampai saat ini masih banyak orang yang terus menerus menggugat kematian Yesus. Selain menggugat, mereka juga tidak mengakui kematian Yesus untuk menanggung dosa mereka. Dan mereka tetap tidak percaya kepada Yesus, karya dan pengorbanan-Nya. Tetapi bagi kita kematian Yesus memiliki makna yang luar biasa.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa makna kematian Yesus bagi kita?” Berdasarkan kesaksian Alkitab khususnya Perjanjian Baru, maka kita menemukan beberapa kebenaran terkait dengan kematian Yesus, yaitu:

1. Kematian Yesus merupakan suatu pengorbanan.
Rasul Paulus terkait dengan kematian Yesus merupakan pengorbanan, menulis dalam suratnya kepada jemaat di kota Efesus demikian: “Dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah” – Efesus 5:2.


2. Kematian Yesus bagi orang lain.
Kematian Yesus adalah untuk orang lain, yaitu Dia tidak mati bagi diri sendiri tetapi untuk orang lain. Rasul Paulus terkait dengan kematian Yesus bagi orang lain, menulis dalam suratnya kepada jemaat di Roma demikian: “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa” – Roma 5:8.

3. Kematian Yesus sebagai pengganti kita.
Kematian Yesus itu bersifat penggantian, yaitu Yesus mengalami kematian sebagai hukuman atas dosa kita, yaitu sebagai pengganti kita. Rasul Paulus terkait dengan kematian Yesus sebagai pengganti, menulis dalam suratnya kepada orang Kristen di kota Roma demikian: “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” – Roma 6:23.

4. Kematian Yesus untuk mendamaikan kita.
Kematian Yesus adalah untuk mendamaikan kita dengan Allah. Kematian Yesus adalah untuk orang berdosa dan kematian-Nya juga untuk memuaskan sifat Allah yang benar dan keadaan moral-Nya, sehingga dengan demikian mengalihkan murka Allah dari orang berdosa yang bertobat.

Integritas Allah menuntut bahwa dosa dihukum dan korban pendamaian dibuat untuk kita. Melalui korban pendamaian oleh darah Yesus, kekudusan Allah tetap tidak berkompromi dan Dia sanggup menyatakan kasih karunia dan kasih-Nya dalam keselamatan dengan adil.


Harus ditekankan bahwa Allah sendirilah yang telah menetapkan Yesus sebagai korban pendamaian. Allah tidak perlu diajak untuk menunjukkan kasih dan belas kasihan-Nya, sebab “Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus” – 2 Korintus 5:19
Baca juga: CARA UNTUK MENCAPAI KEKUDUSAN.

Post a Comment for "Apa Makna Kematian Yesus 1"