Translate

Tanggung Jawab Orang Kristen Part 2

Tanggung jawab orang Kristen – Kita sudah dipilih dan menjadi umat kepunyaan Allah. Tentang hal tersebut, rasul Petrus menulis demikian dalam suratnya: “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib” – 1 Petrus 2:9

Dari ayat tersebut kita menemukan bahwa adatanggung jawab orang Kristen yang harus dilakukan. Jadi, kita bukan saja dipilih, menjadi imam, dikuduskan, dan menjadi milik Allah. Allah dalam kasih karunia-Nya yang besar dan berlimpah telah memanggil kita keluar dari kehidupan lama yaitu kehidupan dalam kegelapan dan kita sudah meninggalkannya. 

Kita tidak berhenti hanya sampai di situ saja. Ada yang harus dilakukan. Apa itu? Tanggung jawab orang Kristen adalah menjadi saksi dengan menceritakan perbuatan Allah yang sudah kita alami. Perbuatan yang mana? Perbuatan Allah yang sudah mengampuni dosa kita melalui pengorbanan Tuhan Yesus di atas kayu salib. Tentang hal itu, rasul Paulus menulis demikian kepada jemaat di kota Korintus: 


“Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” – 2 Korintus 5:21.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa saja tanggung jawab orang Kristen dalam sebuah komunitas persekutuan Kristen?” Ada beberapa hal yang menjadi tanggung jawab orang Kristen yang harus dilakukan, yaitu:

4. Tanggung jawab saling mendoakan.
Tentang hal itu rasul Yakobus menegaskan demikian: “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya” – Yakobus 5:16

Doa adalah nafas hidup orang Kristen. Doa merupakan sarana komunikasi antara kita dengan Allah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, kemukakan dalam setiap doa yang kita panjatkan kepada Tuhan Yesus. 

Salah satu tanggung jawab orang Kristen ialah saling mendoakan. Tentang hal ini, rasul Paulus menegaskan demikian: “Dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang kudus, juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil” – Efesus 6:18-19

Di dalam setiap doa kita, kita diperintahkan bukan saja berdoa bagi diri kita, tetapi juga bagi orang lain. Orang lain di sini adalah sesama tubuh Kristus di seluruh dunia, hamba-hamba Tuhan dan juga jiwa-jiwa yang belum mengenal kasih Bapa di dalam Yesus Kristus. 

Tujuan agar mereka dikuatkan dalam menghadapi berbagai tantangan dan juga supaya diselamatkan oleh Allah melalui kesaksian hidup umat-Nya yang berdoa. Di dalam doa, kita mengakui dosa-dosa kita, dosa-dosa sesama kita, mohon pengampunan dan belas kasihan dari Allah. kita saling mendoakan dan menikmati semua pertolongan Tuhan dan mujizat di dalam hidup kita.

5.  Tanggungjawab untuk menyadarkan orang dari dosanya.
Tentang hal itu, Yakobus menegaskan demikian: “Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik, ketahuilah bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa” – Yakobus 5:19-20

Setiap memiliki potensi untuk jatuh ke dalam dosa. Dan bila di antara kita yang tahu bahwa ada satu orang yang hidup dalam dosa, maka tanggungjawab kita ialah menyadarkan dia dari kesalahannya dan mengembalikan dia untuk hidup dalam kebenaran.

Orang percaya atau orang Kristen harus melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk membalikkan mereka yang menyimpang dari kebenaran. Keselamatan seorang saudara yang mulai mundur seharusnya selalu menjadi prioritas masyarakat Kristen. Jikalau orang murtad kembali kepada Kristus, maka orang yang membawanya akan menyelamatkan orang berdosa itu “dari maut” yaitu kematian rohani dan pemisahan abadi dari Allah. 

Baca juga: DIPERDAMAIKAN DALAM KRISTUS.

Post a Comment for "Tanggung Jawab Orang Kristen Part 2"