Translate

PERAN ROH KUDUS DALAM PENCIPTAAN

Nabi Musa dalam ilham Roh Kudus menulis tentang peran Roh Kudus dalam penciptaan dunia ini demikian: "Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air" - Kejadian 1:2. Roh Kudus hadir dalam permulaan penciptaan alam semesta. Roh Kudus melayang-layang di atas bumi yang masih kosong dan tidak berbentuk, lalu terjadilah apa yang kita lihat dan nikmati sekarang ini.

Gunung, pohon, lautan, bunga-bunga, burung, langit yang biru dan manusia yang segambar dengan Allah. Betapa dahsyat pekerjaan Roh Kudus. Jadi, Roh Kudus memiliki peran dalam penciptaan semesta ini. Dengan kata lain, Roh Kudus juga adalah Pencipta bumi ini.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Mengapa Roh Kudus disebut sebagai Pencipta? Dan apa alasannya?" Berikut beberapa jawaban yang bisa dipertanggung jawabankan secara teologis.

1. Karena tanpa Roh Kudus bumi akan kehilangan hal-hal yang baik (kosong).
Dikatakan demikian karena: (a) jika tidak ada Roh Kudus, dunia kosong dan tidak ada hal-hal baik dari segala yang diciptakan - Kejadian 1:2; (b) Roh Kudus melayang-layang di atas permukaan bumi, barulah terbentuk, tercipta segala sesuatu; (c) kareka Roh Kuduslah, maka gelap menjadi terang, buruk menjadi baik - Kejadian 1:31; (d) tanpa Roh Kudus manusiapun tidak menjadi baik, karena dalam diri manusia juga tidak ada sesuatu yang baik - Roma 7:18-19.

2. Karena tanpa Roh Kudus manusia akan berjalan dalam kegelapan kekal.
Dikatakan demikian karena: (a) orang jahat dan berdosa akan hidup dalam kegelapan - 1 Yohanes 1:6; (b) kegelapan membutakan mata hatinya - 1 Yohanes 2:1; (c) pengertian manusia menjadi gelap - Efesus 4:18; (d) kefasikan dan kelaliman membuat pikiran dan hati manusia gelap - Roma 1:21; (e) dosa membuat manusia berjalan dalam kegelapan - Mazmur 82:5; (f) jika manusia tidak bertobat, maka ia akan dicampakkan dalam kegelapan kekal - Matius 25:30; (g) Roh Kuduslah yang membawa tiap orang percaya dari gelap kepada terang - Efesus 5:8; (h) Roh Kuduslah yang melepaskan kita dari kuasa kegelapan - Kolose 1:13; (i) Roh Kuduslah yang menciptakan hati dan perangai yang baru - Yohanes 3:5-6; (j) tanpa Roh Kudus tidak ada kehidupan dalam manusia - Kejadian 2:7. Baca juga materi khotbah ini: Betapa Besarnya Allah Kita.

Post a Comment for "PERAN ROH KUDUS DALAM PENCIPTAAN"