Translate

CARA AGAR ROH KUDUS TIDAK MENINGGALKAN KITA

Musa dalam kitab Kejadian menuliskan demikian: "Berfirmanlah Tuhan: RohKu tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja" - Kejadian 6:3. Bagian firman Tuhan ini menjelaskan bahwa Roh Kudus bisa saja meninggalkan kita. Tentu Roh Kudus meninggalkan kita ada penyebabnya. Penyebab Roh Kudus meninggalkan kita ialah salah satunya karena kita selalu mendukacitakan Roh Kudus melalui perbuatan dosa dan kejahatan yang kita lakukan di mana kita selalu mengikuti keinginan daging kita - Galatia 5:17.

Jika kita hidup dalam daging dan bukan dalam roh, maka Roh Kudus akan meninggalkan kita. Dampaknya kita semakin jauh dari rencana dan kehendak Tuhan. Dan lama-kelamaan kepekaan rohani kita menjadi tumpul. Di titik inilah kita akan mati secara rohani, sehingga bisa berdampak untuk kekekalan.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: "Bagaimana caranya agar Roh Kudus tidak meninggalkan kita?" Jawabannya ialah:

1. Kita harus hidup dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus.
Bagaimana agar hidup kita bisa dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus? Caranya ialah: (a) kita harus mengenal dan mengerti pembatis dengan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus secara pribadi - Matius 3:11; Yohanes 14:16; (b) kita harus bertobat dan percaya dengan sungguh kepada Tuhan Yesus Kristus - Kisah Para Rasul 2:38; 10:44-48; 19:2; Yohanes 7:38-39; (c) kita harus memiliki kerinduan yang bernyala-nyala untuk dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus - Kisah Para Rasul 10:44; 4:31; 19:1-7.

2. Kita tidak mengijinkan keinginan daging menuntun kita.
Mengapa demikian? Karena: (a) hidup menurut daging dapat menguasai kita, pikiran dan seluruh keberadaan kita - Roma 8:5; (b) keinginan daging menyiksa, keinginan Roh Kudus memberi damai sejahtera - Roma 8:6; (c) keinginan daging membuat kita tidak beriman kepada Allah, malah berseteru dengan Dia - Roma 8:7-8; (d) keinginan daging membawa kita kepada kebinasaan, namun keinginan Roh Kudus membawa kita kepada hidup kekal - Roma 8:9-11; (e) kita tidak hidup hanya oleh roti untuk tubuh dan daging kita, tetapi kita juga butuh firman Tuhan untuk roh kita - Matius 4:4. Baca juga materi khotbah ini: Akuilah Tuhan Dalam Segala Sesuatu.

Post a Comment for "CARA AGAR ROH KUDUS TIDAK MENINGGALKAN KITA"