Translate

YESUS TUNAS DARI TUNGGUL ISAI

"Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah" - Yesaya 11:1. Uangkapan yang diberikan kepada Tuhan kita Yesus Kristus, Raja Damai. Ia disebut Tunas dari Tunggul Isai. Hal itu berbicara perihal silsilah keturunan-Nya, yaitu keturunan Daud, anak Isai - Matius 5:1-5-6.  Ada tiga hal ini yang terdapat dalam nama Yesus Kristus Tuhan kita: "Tunas dari Tunggul Isai.

1. Yesus tunas dari tunggul Isai melambangkan Dialah Tuhan yang hidup.
Tunas yang muncul dari pangkal pohon yang masih tertanam di dalam tanah sehabis ditebang (tunggul), membuktikan masih ada kehidupan. Jika Tuhan kita Yesus Kristus disebut tunas dari tunggul Isai membuktikan Dialah Tuhan yang hidup - Ayub 14:7-9. Implikasinya antara lain: (1) tanpa Yesus tidak ada kehidupan - Yohanes 1:4; (2) Yesus adalah roti hidup - Yohanes 6:35; (3) Yesus datang untuk memberi hidup berkelimpahan - Yohanes 10:10; (4) Yesus adalah air kehidupan - Yohanes 4:14; (5) Yesus bukan saja pemberi hidup sementara, tetapi juga hidup yang kekal - Yohanes 3:16.

2. Yesus tunas dari tunggul Isai melambangkan Dialah Tuhan yang mencintai kerendahan hati, namun melawan kesombongan.
Tunggul adalah sesuatu yang paling rendah dari sebatang pohon. Jika Tuhan kita Yesus Kristus disebut tunas dari tunggul, membuktikan Dialah Tuhan yang mencintai kerendahan hati, namun melawan kesombongan. Implikasinya ialah: (1) Yesus meninggalkan sorga dan kealahan-Nya - Filipi 2:5-8; (2) Yesus lahir di kandang yang hina - Lukas 2:2; (3) Hidup Yesus diwarnai kesederhanaan dan kerendahan hati; (4) Yesus menganjurkan kita untuk belajar kerendahan hati daripada-Nya - Matis 11:29; (5) Yesus melawan orang yang sombong - Matius 23:13; Lukas 14:11; 18:14.

3. Yesus tunas dari tunggul Isai melambangkan Dialah Allah yang menjadi manusia.
Tunggul Isai berbicara perihal silsilah keturunan manusia - Matius 1:5-16. Yesus adalah Allah yang menjadi manusia - Filipi 2:5-8. Kepribadian Allah dan manusia berpadu dalam diri-Nya - Yohanes 10:30. Yesus adalah Allah 100% dan manusia 100%.

Post a Comment for "YESUS TUNAS DARI TUNGGUL ISAI"