Translate

YESUS SANG PENJUNAN

"Tetapi sekarang ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kamilah tanah liat dan Engkaulah yang membuat kami, dan kami sekalian adalah buatan tangan-Mu" - Yesaya 64:8. Kalimat yang ditujukan pada Yesus dalam ayat ini adalah "Engkaulah yang membentuk kami". Yesus adalah Penjunan. Simak dua hal berikut yang berkaitan dengan Yesus Kristus Sang Penjunan.

1. Yesus sang penjunan membuktikan bahwa Dialah Allah yang berdaulat.
Dalam Yeremia 18:1-6, dikatakan bahwa Allah sebagai penjunan berdaulat penuh atas tanah liat yang dibentuknya. Jika Yesus Tuhan kita adalah sang penjunan, maka Ia berdaulat atas segala sesuatu, yaitu: (1) atas alam semesta - Matius 8:26; (2) atas kuasa maut - Matius 16:18; (3) atas segala sesuatu - Matisu 28:18; (4) tidak ada seorang pun yang dapat menggagalkan rencana-Nya - Ayub 42:2; (5) tidak ada seorang pun yang dapat menyalahkan-Nya - Yesaya 45:9; (6) tidak ada seorang pun yang dapat memberi nasehat kepada-Nya - Yesaya 40:14; 9:5.

2. Yesus sang penjunan membuktikan bahwa Dialah Allah yang memilih dan menciptakan setiap kita dengan tujuan.
Implikasinya ialah: (1) Yesus yang memilih kita dan bukan kita yang memilih-Nya. Rasul Yohanes menulis demikian: "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu" - Yohanes 15:16; (2) Yesus tahu siapa yang Dia pilih. Rasul Yohanes menulis demikian: "Bukan tentang kamu semua Aku berkata. Aku tahu, siapa yang telah Kupilih. Tetapi haruslah genap nas ini: Orang yang makan roti-Ku, telah mengangkat tumitnya terhadap Aku" - Yohanes 13:18; (3) Yesus memilih kita untuk berbuah - Yohanes 15:16; (4) Dan jika berbuah Dia akan memberi hadiah bagi kita - Filipi 3:14.

Post a Comment for "YESUS SANG PENJUNAN"