Translate

YESUS ANAK PANAH YANG RUNCING

"Ia membuat mulutku sebagai pedang yang tajam dan membuat aku berlindung dalam naungan tangan-Nya. Ia telah membuat aku menjadi anak panah yang runcing dan menyembunyikan aku dalam tabung panah-Nya" - Yesaya 49:2. Kalimat dalam ayat ini yang berkaitan dengan Tuhan kita Yesus Kristus adalah "Anak Panah Yang Runcing". Benda-benda yang tajam dan runcing bertalian dengan firman Tuhan. Kepada jemaat di Efesus, rasul Paulus mengatakan bahwa pedang Roh yang tajam adalah firman Allah - Efesus 6:17. Firman Allah lebih tajam dari pada pedang - Ibrani 4:2.

Jika Yesus Tuhan kita diumpamakan Anak Panah Yang Runcing, maka betapa dahsyat firman-Nya bagi kita. Simak dua hal indah berkaitan dengan Yesus Kristus dan firman-Nya.

1. Yesus anak panah yang runcing berbicara perihal firman-Nya adalah alat perang kita.
Hal itu berkaitan dengan: (1) hidup ini adalah suatu peperangan, di mana musuh kita adalah roh-roh jahat yang ada di udara. Rasul Paulus menulis demikian: "Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara" - Efesus 6:12; (2) dengan firman Tuhan ibarat panah yang runcing, kita kalahkan musuh - Efesus 6:17; Ibrani 4:12; (3) Ibarat panah yang dapat menjangkau jauh, demikianlah kuasa firman Tuhan dan kuasa Yesus Kristus. Hal ini ditandai dengan: (a) penghulu laskar menyatakan bahwa Yesus tidak usah datang kerumahnya, cukup saja sepatah kata firman - Matius 8:8; (b) orang-orang yang jauh dapat dijangkau oleh kuasa dan darah Yesus Kristus - Efesus 2:13. (4) ibarat panah cepat menjangkau sasaran, demikian kuasa firman Tuhan cepat menjangkau sasaran - Mazmur 147:5. Hal ini kita lihat pada: (a) setiap kata Yesus cepat menciptakan mujizat - Mazmur 147:5; (b) firman-Nya ibarat panah tajam yang tidak pernah meleset dari sasaran jika kita pandai memakainya - Kisah Para Rasul 13:44.

2. Yesus anak panah yang runcing berbicara perihal firman-Nya adalah pelindung kita sampai akhir zaman.
Maksud dari pernyataan tersebut, yaitu: (1) Firman Tuhan bukan saja ibarat panah runcing, tetapi juga pelita dan terang pada jalan kita - Mazmur 119:105; (2) Firman Tuhan juga dasar untuk bertahan sampai akhir - Lukas 6:47; (3) panah yang tajam adalah panah yang sering diasah dan dipakai, demikian firman Tuhan ibarat makanan yang harus kita makan setiap hari - Mazmur 1:2.

Post a Comment for "YESUS ANAK PANAH YANG RUNCING"