Translate

YESUS NAUNGAN PADA PANAS TERIK

"Sebab Engkau menjadi tempat pengungsian bagi orang lemah, tempat pengungsian bagi orang miskin dalam kesesakannya, perlindungan terhadap angin ribut, naungan terhadap panas terik, sebab amarah orang-orang yang gagah sombong itu seperti angin ribut di musim dingin, seperti panas terik di tempat kering" - Yesaya 25:4.

Kalimat-kalimat dalam ayat di atas semua ditujukan kepada Yesus Kristus Tuhan kita. Yesus Kristuslah tempat pelarian dan pengungsian dari segala masalah dan beban kita - Matius 11:28. Namun, ada kalimat menarik lain dalam ayat itu yang perlu kita renungkan bertalian dengan kuasa dan anugerah Tuhan Yesus bagi umat-Nya. Kalimat itu adalah "Naungan pada panas terik".

"Naungan pada panas terik" mengingatkan kita pada peristiwa bangsa Israel di padang gurun. Di mana tiang awan telah menjadi naungan mereka. Yesus Kristuslah tiang awan kita, naungan pada panas terik.

1. Yesus naungan pada panas terik, berbicara Dia Tuhan yang menyertai umat-Nya.
Tiang awan menyertai bangsa Israel - Keluaran 13, demikian Tuhan Yesus Kristus menyertai kita umat-Nya - Matius 28:20. Beberapa hal terjadi saat tiang awan menyertai umat Israel yang dapat kita kaitkan kepada kuasa Tuhan Yesus, yaitu: (1) kemuliaan Tuhan nampak dalam awan - Keluaran 16:10; Yohanes 17:22-24; (2) awan menutupi kemah suci - Bilangan 9:15; melambangkan Tuhan Yesus Kepala atas gereja-Nya - Matius 16:18; Efesus 1:22; (3) Tuhan turun dalam tiang awan - Bilangan 9:15, Tuhan Yesus pergi ke mana-mana menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan - Lukas 4:18-19; (4) Dialah Allah dan Tuhan kita yang menyertai kita; (5) Nama-Nya disebut "Immanuel" artinya Allah menyertai kita - Yesaya 7:14; Matius 1:23.

2. Yesus naungan pada panas terik, berbicara perihal Dia satu-satunya naungan kita dari marabahaya, maut dan kematian kekal.
Panas terik gambaran dari sesuatu yang merusak - Yakobus 1:11. Panas terik gambaran dari murka Allah - Yesaya 42:25; panas terik gambarana maut dan kematian yang terjadi dalam peristiwa perempuan Sunem - 2 Raja-Raja 4:18-20. Tuhan Yesus sanggup memelihara dan melindungi apa yang Ia percayakan dan berikan kepada kita - 2 Timotius 1:12. Tuhan Yesus adalah Gembala yang akan memelihara kita domba-domba-Nya - Yohanes 10:7-9.

Post a Comment for "YESUS NAUNGAN PADA PANAS TERIK"