Translate

YESUS ADALAH TERANG DUNIA

"Ia bersinar seperti fajar di waktu pagi, pagi yang tidak berawan, yang sesudah hujan membuat berkilauan rumput muda di tanah" - 2 Samuel 23:4.  Dalam ayat itu, Tuhan kita Yesus Kristus digambarkan sebagai "Terang Dunia". Kalimat "Terang Pagi" adalah perlambang pergantian suatu hari. Dari malam yang telah ditinggalkan muncul pagi di hari yang baru. Tetapi terang juga adalah sesuatu yang memberi kehidupan.

1. Yesus Kristus, terang dunia, berarti di dalam Dia ada perubahan dari gelap menjadi terang.
Hal itu dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Yesus bukan saja terang hidup, tetapi Ia juga adalah terang dunia. Yohanes menulis demikian, "Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup" - Yohanes 8:12; (2) Yesus adalah terang yang menerangi hati dan mengetahui apa yang ada dalam hati kita - Yohanes 2:24-25; (3) orang yang menerima Yesus Kristus, maka ia berpindah dari gelap kepada terang. Rasul Paulus menulis demikian, "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah cipraan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang" - 2 Korintus 5:17.

2. Yesus Kristus, terang dunia berarti dalam Dia ada kehidupan.
Hal itu ditandai dengan: (1) terang pagi adalah terang yang memberi kehidupan bagi tanaman. Berbeda dengan panas terik dan panas sore; (2) Yesus adalah terang hidup manusia. Rasul Yohanes menulis demikian: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia" - Yohanes 1:4; (3) Yesus adalah jalan dan kebenaran dan kehiduan. Rasul Yohanes menulis demikian, "Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku" - Yohanes 14:6. Melalui ayat ini, Yesus ingin menjelaskan bahwa hanya Dialah satu-satunya jalan yang membawa manusia sampai kepada Bapa di dalam sorga. Selain itu, Yesus juga secara langsung menutup pintu bagi pengantara lain. Artinya tidak ada nama lain, hanya nama Yesuslah yang berkenan kepada Bapa di sorga. Rasul Lukas menulis demikian: "Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan" - Kisah Para Rasul 4:12.

Post a Comment for "YESUS ADALAH TERANG DUNIA"