Translate

YESUS RAJA KEMULIAAN

Dalam kitab Wahyu, Tuhan Yesus digambarkan sebagai "Penunggang kuda putih" dengan nama Yang Setia dan Yang benar, dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan" - Wahyu 19:16.

Jika di dalam kitab Mazmur, raja Daud mengungkapkan kalimat pertanyaan: "Siapakah Dia itu Raja kemuliaan?" Tuhan semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan" - Mazmur 24:10. Maka ungkapan raja Daud ini adalah perihal Yesus Kristus, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan yang digambarkan dalam kitab Wahyu.

Pertanyaan yang patut diajukan ialah mengapa Yesus disebut Raja Kemuliaan? Simak paparannya di bawah ini.

1. Karena Yesus pencipta langit, bumi dan segala isinya.
Bukti bahwa Yesus pencipta langit, bumi dan segala isinya, yaitu: (1) Yesus pencipta segala sesuatu. Rasul Yohanes menulis demikian, "Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada satu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan" - Yohanes 1:3; (2) Yesus bukan saja pencipta segala sesuatu, tetapi pemberi dan penopang kehidupan dari segala yang diciptakan-Nya. Rasul Yohanes menulis demikian: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia" - Yohanes 1:4; (3) Yesus bukan saja pencipta, tetapi Ia menggenggam segala sesuatu dalam tangan-Nya. Rasul Yohanes menulis demikian: "Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas" - Yohanes 3:34.

2. Karena Yesus dasar yang kokoh dari segala sesuatu.
Dalam hal apa saja Yesus menjadi dasar yang kokoh? Yesus menjadi dasar yang kokoh dalam hal: (1) Yesus adalah dasar dari segala karier yang didambakan oleh manusia - Matius 7:24-27; (2) Yesus adalah dasar dari segala sesuatu. Rasul Yohanes menulis demikian: "Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa" - Yohanes 15:5.

3. Karena Yesus pemberi segala sesuatu.
Apa saja yang diberikan oleh Yesus kepada kita? Yang diberikan oleh Yesus kepada kita, yaitu: (1) berkat-Nya hanya bagi kita yang mencari, mengetok dan meminta - Mazmur 24:3, 6; Matius 7:7-11; (2) berkat-Nya hanya bagi kita yang bertobat - Mazmur 24:4; Matius 5:8; Markus 6:12; (3) Semua berkat berada dalam tangan-Nya, karena Yesus memiliki segala kuasa - Matius 28:18.

4. Karena Yesus adalah Tuhan semesta alam.
Karena Yesus adalah Tuhan semesta alam, maka alam tunduk pada perintah-Nya. Pohon tunduk pada perintah-Nya - Markus 11:20-21; angin dan gelombang tunduk pada perintah-Nya - Markus 4:39; ikan-ikan di laut tunduk pada perintah-Nya - Lukas 5:5-6; maut dan kematian tunduk pada perintah-Nya - Yohanes 11:43-44. 

Post a Comment for "YESUS RAJA KEMULIAAN"