Translate

Tools Untuk Bertumbuh

Tools untuk bertumbuh ~ Seperti bayi pada umumnya, membutuhkan asupan nutrisi yang memadai supaya bisa bertumbuh secara optimal. Bila asupan nutrisi yang dibutuhkan tidak memadai, maka bayi akan mengalami hambatan untuk bertumbuh secara normal. 

Jika hal itu terjadi, setiap orangtua bertanggung jawab dan berusaha untuk mencari solusi agar bayinya tumbuh dengan baik. ASI (Air Susu Ibu), Susu Formula, Makanan tambahan dan vitamin lainnya merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh seorang bayi dalam tumbuh-kembangnya. Demikian juga kehidupan kita secara rohani. 

Semenjak kita percaya dan menyambut Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, maka sejak saat itu kita menjadi bayi rohani. Sebagai bayi rohani, tentu kita membutuhkan asupan nutrisi rohani yang memadai supaya kita bisa bertumbuh di dalam iman kepada Tuhan. Kehidupan rohani sejatinya harus bertumbuh. 

Bertumbuh ke arah Kristus. Menjadi serupa dengan-Nya. Itulah yang Tuhan Yesus rindukan terjadi di dalam kehidupan iman kita kepada-Nya. Faktanya, memang tidak mudah untuk bertumbuh di dalam Tuhan. 

Ada begitu banyak hambatan, ancaman dan tantangan menghadang laju pertumbuhan rohani kita. Secara jujur, kita akui bahwa kita sering jatuh, bangun, jatuh lagi dan bangun kembali dalam kita mengikut Tuhan Yesus. Rohani kita terasa begitu terseok-seok pertumbuhnannya. 

Jangankan bertumbuh, yang terjadi justru sebaliknya. Kita mengalami kemunduran dan kemerosotan yang tajam secara rohani. Tidak sedikit pula yang akhirnya meninggalkan imannya. Berganti keyakinan atau percaya kepada kekuatan lain di luar Tuhan Yesus. Tidak lagi berharap dan mengandalkan Tuhan Yesus. 


Banyak yang lebih mengandalkan sesamanya. Tidak sedikit pula yang jatuh ke dalam pelukan dosa yang tiada bertepi. Ya, terus menerus berkubang dalam dosa. Dalam situasi semacam itu, tentu sebagai pribadi yang sudah mengalami jamahan Roh Kudus, pasti rindu untuk kembali kepada Tuhan Yesus. Berbalik kepada-Nya. Tuhan Yesus selalu menanti kita kembali kepada-Nya. Dia senantiasa memberi kesempatan kedua untuk memperbaiki relasi kita dengan-Nya. Butuh tools untuk bertumbuh. Apa saja tools itu?


1. Bangun kembali persekutuan yang intim 
Sejak dari penciptaan, persekutuan menjadi fokus utama Tuhan. Persekutuan itu menjadi kekuatan rohani. Persekutuan adalah alat perekat yang menguatkan kita. 

Itu sebabnya penulis Ibrani menegaskan: "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat" - Ibrani 10:25. 

Persekutuan dengan Tuhan dalam ibadah yang dilakukan sungguh-sungguh akan membawa dampak positif dalam kehidupan. Persekutuan bersama umat Tuhan lainnya, merupakan selebrasi iman, proklamasi rohani kita di hadapan Tuhan. Dalam frame inilah kita dapat bertumbuh secara rohani. Inilah tools yang Tuhan sediakan bagi kita umat-Nya, supaya kita bertumbuh ke arah Kristus. Semakin intim dengan Dia, dan semakin akrab dengan tubuh Kristus lainnya. 

2. Hidup dalam firman Tuhan 
Tidak dapat dipungkiri, jatuh bangun ke dalam dosa acap kali menjemukan. Akibatnya, ada orang-orang yang berputus asa bahkan membenci diri sendiri. Mereka merasa tiada daya dan jatuh berulang-ulang ke lobang dosa dan pencobaan. Membaca, merenungkan, menghidupi dan mengamalkan firman Tuhan dalam aktivitas hidup setiap hari sangatlah penting. 

Rasul Paulus menulis: "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran" - 2 Timotius 3:16. Setiap kita yang berkomitmen dan secara konsisten memberlakukan firman Tuhan dalam hidup kita, pasti akan bertumbuh ke arah Kristus. Bertumbuh maksimal di dalam anugerah-Nya. Firman Tuhan menjadi air kehidupan yang menyirami jiwa dan roh kita, sehingga semakin kuat. Firman Tuhan menjadi perisai dan pagar tembok yang membentengi kita dari setiap serang Iblis. 

Daud menuliskan demikian: "Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu" - Mazmur 119:9. Firman Tuhan akan memagari kehidupan kita. Dengan begitu, kelakuan kita terkontrol, keinginan terkendali, hasrat daging tidak menjadi liar dan hati senantiasa bersih. Firman Tuhan merupakan tools untuk kita bisa bertumbuh. 

Oleh karena itu, jangan abaikan firman Tuhan. Siapkanlah waktu setiap hari untuk membaca, merenungkan dan menghayati firman Tuhan. Firman Tuhan menjadi pedang roh untuk menangkal setiap panah api dari si jahat. 

3. Bangun mesbah doa 
Doa adalah tools yang menghubungkan kita dengan Tuhan. Doa adalah sarana yang paling mudah dilakukan oleh setiap orang percaya. Namun, kenyataannya justru tools yang begitu gampang ini sering diabaikan oleh orang Kristen. Tidak heran, banyak umat Tuhan yang menjadi lemah secara rohani. Mereka tidak memiliki energi rohani karena tidak pernah terkoneksi dengan sumber energi. 

Seperti bateray HP yang tidak terhubung dengan sumber arus listrik, tidak akan memiliki daya bahkan tidak bisa dipergunakan oleh pemiliknya. Kita adalah milik Tuhan. Dia tahu bahwa kita memerlukan energi dari Dia. Kendati demikian Tuhan tidak langsung memberikan aliran kuasa-Nya kepada kita, walaupun hal itu bisa dilakukan-Nya. Namun, Dia menghendaki agar kita terus-menerus mendekatkan diri dan membangun mesbah doa. 

Doa adalah tools yang Tuhan sediakan bagi kita agar kita selalu terkoneksi dengan Dia. Tiga hal di atas, yaitu persekutuan, firman Tuhan dan doa merupakan tools yang dirancang oleh Tuhan bagi kita supaya kita bertumbuh semakin kuat di dalam Dia. Bila kita konsisten mempraktekkannya, maka kita pasti bertumbuh.

Post a Comment for "Tools Untuk Bertumbuh"