Translate

Cara Memulihkan Kepercayaan Diri

Cara memulihkan kepercayaan diri ~ Kegagalan dalam hidup, sering membuat confidence seseorang menjadi menurun. Penurunan kepercayaan diri ini menyebabkan banyak orang sulit untuk bangkit lagi dan berjuang serta melanjutkan hidup. Gairah dan motivasi hidup semakin berkurang. Bahkan yang lebih tragis lagi ialah ada yang mengakhiri hidup ditangannya sendiri dengan bunuh diri. 

Kegagalan telah menjadi bagaikan hukuman bagi individu yang gagal, publik pun seakan menjatuh vonis - menghukum orang-orang yang gagal dengan merendahkan dan menjauhinya. Dengan demikian, kegagalan itu adalah sesuatu yang buruk. Dalam situasi dan kondisi semacam itu, tentu siapa pun ingin bangkit. Tetapi tidak tahu harus bagaimana. Berikut beberapa cara untuk memulihkan kepercayaan diri yang terkoyak karena mengalami kegagalan.


 1. Rajut kembali hubungan dengan Tuhan 
Doa, baca firman Tuhan, bersekutu dan memuji Tuhan, merupakan cara pertama yang patut dilakukan bila kita gagal. Perkuat kembali manusia batiniah kita dengan merajutnya di dalam dan bersama Tuhan. 


2. Bangun kembali motivasi 
Kegagalan yang kita alami sering membuat kita lemah. Semangat dan daya juang kita menurun. Nyalakan kembali api motivasi yang sempat redup diterpa kegagalan. Kitalah yang bertanggung jawab dengan diri kita. Motivasi harus lahir dari dalam diri kita sendiri. Dengan begitu, rasa percaya diri kita berangsur-angsur pasti pulih. 


3. Perbaiki penampilan 
Kegagalan sering membuat kita malas untuk mengurus diri. Kita membiarkan penampilan tidak terurus. Pola hidup dan pola makan kita mulai tidak teratur. Untuk memulihkan kepercayaan diri kita, perlu memperbaiki penampilan kita. Jangan larut dalam kegagalan. Bangun dan tata kembali penampilan yang sempat tak terurus karena gagal. 

4. Keluar dan berinteraksilah 
Kita adalah makhluk sosial. Kita tidak dapat hidup sendiri. Namun, sering ketika kita gagal, kita mengurung dan mentup diri dengan mengisolasi diri dalam rumah atau kamar. Cara ini tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Oleh keluar dan berinteraksilah dengan sesama. Melalui interaksi tersebut, pasti kita mendapatkan motivasi baru. Tidak selamanya orang gagal itu dijauhi oleh sesama. Jadi, bersosialisasilah dengan baik. Dijamin kita pasti dapatkan sesuatu yang berharga bagi kehidupan kita.

Post a Comment for "Cara Memulihkan Kepercayaan Diri"