Translate

Tips Efektif Keluarga Bahagia

Tips efektif keluarga bahagia ~ Keluarga yang bahagia adalah idaman semua orang. Namun di era sekarang ini menjadi keluarga yang bahagia dan harmonis merupakan hal yang tidak mudah. Apalagi bagi Anda dan pasangan yang bekerja di luar rumah, tentunya sangat sulit untuk meluangkan waktu bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Tetapi sebenarnya keluarga yang harmonis dan bahagia dapat Anda diwujudkan. Berikut ini 17 kebiasaan sederhana agar keluarga Anda bahagia dan harmonis yang dapat Anda coba seperti yang dilansir dari health.com :

1. Membuat misi keluarga
Organisasi dan perusahaan mempunyai misi sebagai cara untuk mengartikulasikan tujuan. Keluarga dapat melakukannya untuk alasan yang sama: untuk mengajarkan nilai-nilai kepada anak-anak dan membawa anggota keluarga lebih dekat. Anak-anak bahkan dapat berkontribusi untuk proses, meskipun tingkat keterlibatannya perlu disesuaikan berdasarkan usia.

2. Mengetahui perjalanan sejarah keluarga

Ajak anggota keluarga anda untuk mengetahui sejarah atau silsilah keluarga besar Anda. Anda bisa mengajak anak-anak Anda ke tempat di mana Anda dan pasangan bertemu, atau kota di mana Anda atau kerabat lain dibesarkan.

3. Ceritakan kisah-kisah

Cobalah berbagi cerita dengan anak-anak Anda dari masa lalu Anda, dan dengan mengundang orang tua dan kakek-nenek untuk bergabung. Berbagi cerita keluarga dengan cucu melewati pada budaya dan tradisi keluarga dan memberikan hubungan yang erat di semua generasi.

4. Anak-anak dekat dengan kakek-nenek mereka
Pastikan dua generasi memiliki banyak waktu untuk mengunjungi atau setidaknya berkomunikasi. Kakek-nenek dapat menjadi pengaruh menstabilkan: sebuah studi dalam Journal of Family Psychology menemukan bahwa remaja yang memiliki kedekatan yang lebih seorang nenek atau kakek dalam hidup mereka memiliki lebih sedikit masalah emosional dan lebih sosial daripada mereka yang tidak memiliki kedekatan dengan kakek atau nenek mereka. Hubungan yang erat antar generasi memiliki manfaat jangka panjang bagi kakek-nenek, orang tua dan anak-anak.

5. Memiliki pertemuan keluarga
Anda dapat membuat pertemuan keluarga menjadi hal yang teratur dijadwalkan, seperti makan malam bersama. Hal ini berguna untuk menjaga komunikasi antar anggota keluarga, saat pertemuan rutin Anda dapat mengagendakan tema yang berbeda misalnya meninjau kegiatan seminggu terakhir, jadwal, kegiatan baru minggu mendatang atau masalah anak Anda di sekolah.

6. Memiliki ritual keluarga
Membuat kegiatan ritual keluarga di mana semua anggota keluarga Anda tahu dan melakukan sesuatu bersama-sama pada hari-hari tertentu dalam seminggu. Seperti menonton film bersama-sama pada hari Jumat malam, pergi ke pasar dengan nenek pada hari Sabtu pagi, atau membuat jenis makanan baru setiap hari Minggu. Anda membuat waktu terstruktur sebagai sebuah keluarga dan memperlakukan sebagai rutinitas yang membuat anggota keluarga Anda saling menyayangi dan berdisplin.




7. Saling berterima kasih antar anggota keluarga
Dorong anak-anak Anda dan pasangan untuk saling memuji dan mengucapkan terima kasih saat mereka melakukan sesuatu yang baik seperti ketika seorang anak Anda membersihkan meja makan tanpa diminta, pergi ke tempat tidur tanpa argumen, atau ketika pasangan Anda membantu pekerjaan anda tanpa diminta.

8. Memiliki empati terhadap sesama dan lingkungan

Ajak keluarga anggota keluarga Anda dengan kegiatan sosial dan sukarela. Hal ini melatih anggota keluarga Anda untuk bersyukur dan mengajarkan empati serta memberi mereka tempat-tempat baru untuk belajar. Ini bisa dilakukan dengan hal yang sederhana seperti memungut sampah di jalan, ikut bergotong royong bersama warga sekitar, berkunjung ke panti sosial atau asuhan.

9. Komunikasi personal dengan anak

Waktu yang dihabiskan bersama-sama sebagai sebuah keluarga adalah penting, tetapi begitu juga menghabiskan waktu dengan masing-masing anak-anak Anda secara individual. Karena setiap anak Anda memiliki karakter yang berbeda-beda, dengan cara ini anak Anda akan merasa bahwa orang tua memberi perhatian pada mereka. Anda dapat memilih hari-hari tertentu dalam seminggu untuk menghabiskan waktu khusus dengan masing-masing anak-anak Anda, baik di dalam atau luar rumah. Anda dapat bersama setiap malam atau mungkin sebelum tidur dengan masing-masing anak secara terpisah.

10. Menetapkan rutinitas waktu tidur
Sebuah studi menemukan bahwa bayi yang rutinitas waktu tidurnya konsisten termasuk mandi, memberi lotion, dan kegiatan lain memiliki waktu tidur yang lebih baik dan bangun lebih sering daripada mereka yang tidak memiliki rutinitas. Dan anak-anak yang pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam memiliki masalah perilaku lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang teratur.

11. Menjaga jadwal kegiatan

Buat jadwal kegiatan dengan baik dan teratur seperti pertandingan sepak bola, pelajaran musik, dan apa pun kegiatan lain keluarga Anda dengan cara ditulis dan diletakkan dimana semua anggota keluarga Anda tahu. Hal ini memfasilitasi komunikasi dan membuat semua orang yang terorganisir sehingga Anda sebagai orang tua tak perlu cemas untuk mengetahui seberapa sibuk anggota keluarga Anda

12. Tuliskan kewajiban dan harapan

Sesuai dengan pernyataan misi keluarga, setiap anggota keluarga harus tahu apa kewajiban mereka yang harus dilakukan. Libatkan anak-anak dalam membuat aturan rumah (setidaknya sampai titik tertentu) dengan memberi mereka pilihan untuk tanggung jawab mingguan mereka:

13. Tertawa bersama-sama

Menceritakan lelucon, menonton film lucu, dan di atas segalanya, belajar bagaimana menertawakan diri sendiri. Ini sangat penting untuk mengintegrasikan humor ke dalam rumah secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat tertawa dapat meningkatkan mood, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung. Lelucon pribadi selama tidak merendahkan dapat menjadi cara lain untuk membina hubungan dalam keluarga.

14. Makan malam bersama
Keluarga yang makan malam bersama lebih sehat dan lebih bahagia, dan waktu makan bersama keluarga mengajarkan anak-anak untuk saling mencintai dan Anda dapat mengontrol porsi mereka. Meluangkan waktu untuk duduk dan berbicara dan berbagi makanan adalah salah satu dari banyak cara untuk mengejar ketinggalan dengan satu sama lain.

15. Berkomunikasi secara konsisten
Komunikasi yang konsisten merupakan hal yang harus dilakukan dalam sebuah rumah tangga. Komunikasi yang terbuka bermanfaat bagi anak-anak untuk belajar ekspresi diri dan pemecahan masalah. Berusahalah untuk berkomunikasi secara konsisten seperti saat makan bersama keluarga dan sebelum tidur. Dan pastikan semua anggota keluarga memiliki kesempatan berbicara dan juga berlatih mendengar, hal ini berguna untuk melatih sikap saling hormat dan menghormati. Jangan menyela dan jangan hanya bicara tentang diri Anda sendiri.

16. Sesekali matikan gadget
Saat bersama seperti saat pertemuan keluarga atau makan malam bersama, sebaiknya matikan semua gadget atau smartphone Anda dan anggota keluarga. Hal ini agar membuat semua keluarga Anda fokus pada pembicaraan dan lebih saling menghargai satu sama lain.

17. Manfaatkan teknologi untuk kebahagiaan bersama

Teknologi dapat Anda manfaatkan untuk kebahagian bersama keluarga, misalnya untuk tetap berhubungan dengan kakek-nenek atau kerabat lainnya. Menggunakan email, pesan teks, dan media sosial lainnya adalah cara yang bagus untuk saling berbagi kabar dan tetap berkomunikasi.
Sumber: (ilustrasi : sheknows.com)

Post a Comment for "Tips Efektif Keluarga Bahagia"