Translate

KARAKTER YANG MENGHARMONISKAN KELUARGA

Karakter yang Mengharmoniskan Keluarga.
Keluarga yang harmonis dan bahagia merupakan idaman semua pasangan yang sudah menikah. Idaman tersebut cukup beralasan karena fakta membuktikan bahwa ada banyak keluarga yang hidup tidak harmonis, tidak bahagia dan terancam bubar. Lebih tragis lagi ada banyak keluarga baik resmi maupun tidak resmi berpisah atau bercerai. Angka perceraian pun melonjak naik seiring dengan berbagai problem yang kompleks.

Rasul Petrus dalam pimpinan Roh Kudus juga menaruh perhatian khusus terhadap keluarga. Itu sebabnya dalam suratnya kepada semua orang Kristen di segala abad dan tempat di dunia menyerukan tentang keluarga yang harmonis dan bahagia. Menurut rasul Petrus, keluarga yang harmonis dan bahagia bukan hanya mimpin, rindu dan harap dari setiap pasangan. Keluarga harmonis dan bahagia itu bisa diciptakan. Itulah yang dimuat oleh rasul Petrus dalam 1 Petrus 3:8-9.

Untuk menciptakan keluarga yang harmonis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, melainkan butuh usaha yang terus menerus bersama Tuhan dan pasangan kita. Tuhan membantu membentuk karakter kita sehingga menjadi indah. Dengan karakter yang diubahkan maka keluarga yang harmonis dapat tercipta. Karakter yang mengharmoniskan Keluarga:

1. Pendamai.
Dalam rumah tangga terkadang kita mengalami konflik. Lewat konflik-konflik yang terjadi, kita sedang dibentuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik (Ams 27:17). Kita dibentuk untuk menjadi pendamai. Sehingga setiap kali terjadi permasalahan, maka kita akan mengusahakan dan mengutamakan kedamaian (Rom 12:18). Untuk itu dibutuhkan kerelaan untuk mengalah, kepekaan, kerendahan hati dan pengampunan sehingga kita dapat selalu memberi respon positif pada saat terjadi konflik (1 Pet 3:8-9). Hal-hal apa yang dapat merusak kedamaian dalam keluarga?

2. Penguasaan diri.
Seorang pahlawan sejati bukanlah orang yang sanggup menaklukan orang lain, melainkan yang sanggup menaklukkan dirinya sendiri (Ams 16:32). Orang yang sabar dan menguasai diri akan sanggup menghadapi keadaan sesulit apapun dengan tenang dan bijak. Karena itu jadilah pahlawan sejati dalam rumah tangga dengan selalu bersikap sabar dan penuh pengendalian diri. Tuhan memberi pasangan hidup dan anak-anak kepada kita bukan untuk dijadikan sasaran kemarahan/kebencian melainkan menjadi sasaran kasih sayang. Seberapa besar  Anda dapat menahan diri selama ini? Baca dan renungkan 1 Kor 9:27.

3. Kasih.
Sikap kasih adalah sikap yang mau memberi dan berkorban bagi orang lain. Sikap inilah yang selalu Tuhan Yesus praktekkan dan ajarkan kepada umat-Nya. Kasih adalah ciri dari orang yang mengasihi dan mengenal Allah (1Yoh 4:7,20-21). Karena alasan kasih, maka dalam setiap konflik hendaknya kita tidak menyerang pribadi pasangan kita, melainkan berusaha menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Tuhan akan terus berusaha mengubah dan membentuk karakter  Anda sampai menjadi sempurna, karena itu teruslah berjuang berubah agar karakter Kristus cepat terwujud dalam hidup  Anda.


Post a Comment for "KARAKTER YANG MENGHARMONISKAN KELUARGA"