Translate

RAHASIA HIDUP BAHAGIA MENURUT ALKITAB

"Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN. Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, yang juga tidak melakukan kejahatan, tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya" - Mazmur 119:1-3. 

Ada banyak buku yang menulis tentang kebahagiaan hidup. Penulis buku-buku tersebut melihat kebahagiaan dari berbagai sudut pandang. Resep yang ditawarkan juga sangat beragam. Kendati demikian, masih saja banyak orang mencari kebahagiaan. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan kebahagiaan hidup begitu tinggi. 

Menurut survei tentang kebahagiaan hidup, ukuran kebahagiaan bagi banyak orang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa kebahagiaan hidup ditentukan oleh harta yang banyak. Ada juga yang mengatakan bahwa kebahagiaan hidup ditentukan oleh status sosial dan jabatan atau kedudukan yang tinggi. Ada juga yang mengatakan bahwa kebahagiaan hidup itu ditentukan oleh kesehatan yang baik atau tidak mengalami sakit penyakit. 

Ada juga yang mengatakan bahwa kebahagiaan ditentukan oleh pasangan yang cantik/ganteng dan setia. Dan lain sebagainya. Faktanya ialah ada orang yang punya harta banyak tapi tidak mengalami kebahagiaan. Lalu semakin tinggi statul sosial dan jabatan seseorang juga tidak menjamin seseorang itu bahagia. Lebih lagi yang punya pasangan hidup yang cantik/ganteng, setia, tapi perceraian dikalangan mereka semakin tinggi. 

Kalau demikian realitanya, lalu pertanyaan lebih lanjut dimanakah sesungguhnya letak kebahagiaan hidup itu? Dari firman Tuhan di atas, ada beberapa rahasia kebahagiaan hidup. 

1. Hidup tidak bercela 
Hidup tidak bercela ialah hidup yang memiliki moralitas dan integritas yang berkualitas. Hidup jujur, berlaku adil, setia, tulus merupakan karakter yang disukai oleh Tuhan. Bagi orang yang demikian, Allah berjanji akan mencurahkan berkat dan kebahagiaan kepadanya. 

2. Hidup sesuai dengan firman Tuhan 
Firman Tuhan adalah pedoman hidup kita. Firman Tuhan adalah hukum utama bagi kehidupan kita. Firman Tuhan merupakan cara Allah mengarahkan hidup kita supaya berada di jalan atau jalur yang benar. Peringatan-peringatan Allah merupakan syarat-syarat atau tuntutan-tuntutan yang dinyatakan sebagai kehendak Allah. Firman Tuhan merupakan pagar tembok yang kokoh bagi kita dimana firman Tuhan akan memagari kita dari tindakan dan perbuatan yang berdosa. Bila kita hidup sesuai dengan firman Tuhan dan menaatinya, maka dijamin kita pasti menikmati kebahagiaan dalam hidup. 

3. Hidup di jalan-jalan Allah 
Jalan-jalan Allah menunjukkan prinsip-prinsip dan sarana operasional yang dengannya Allah berhubungan dengan kita umat-Nya. Jalan-jalan Allah sangat berbeda dengan jalan-jalan dunia ini. Jalan-jalan Allah bertentangan dengan hikmat dunia ini. Itu sebabnya bila kita berjalan di dalam prinsip-prinsip ilahi, maka hidup kita akan bahagia.


Post a Comment for "RAHASIA HIDUP BAHAGIA MENURUT ALKITAB"