Translate

KUALITAS SOSIAL SEORANG PENGIKUT KRISTUS

"Tetapi berfirman TUHAN kepada Samuel: 'Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati' - 1 Samuel 16:7.

Seorang penulis, B.C. Gorbes, pernah mengatakan, "Ukuran tubuhmu kurang penting, ukuran otakmu agak penting, ukuran hatimu adalah yang terpenting." Ukuran hati inilah yang menentukan kualitas sosial seseorang. Masalahnya, kualitas ini sulit dilihat. Kita hanya bisa melihat perilaku sosialnya. Paling tidak, ada tiga perilaku sosial yang bisa menunjukkan kualitas seseorang:

1. Kemampuan mendengarkan dengan hati
Mudah diucapkan, tetapi sulit dilakukan. Kita kerap tidak sanggup mendengarkan semua yang dibicarakan orang lain dengan tuntas, karena sibuk dengan pikiran sendiri. Sibuk memikirkan bagaimana memberi respons atau jawaban. Kita mendengarkan untuk merespons atau menjawab, bukan memahami. Mendengar dengan hati adalah bagaimana kita peka dengan perasaan sesama kita. Bagimana kita bisa memahami situasi dan kondisi hidup sesama kita. Bagaimana kita dapat mengerti perasaan dan kesulitan sesamanya. Inilah inti dari mendengar dengan hati.

2. Berbuat baik kepada orang yang tidak bisa membalasnya
Pepatah Jawa mengatakan, "Sepi ing pamrih, rame ing gawe. Inilah konsep iklas yang sebenar-benarnya. Hal ini amat penting, karena jauh di lubuk hati kita yang paling dalam, ketika kita berbuat kebaikan pada seseorang, diam-diam kita berharap agar orang itu membalas kebaikan kita. Berbuat baik kepada orang yang tidak bisa membalasnya memiliki makna bahwa ketika kita melakukan kebaikan-kebaikan kepada sesama, janganlah dibangun di atas motivasi mengharapkan imbalan. Perilaku berbuat baik kepada sesama haruslah didasarkan pada motivasi keiklasan dan kasih yang tulus. Inilah yang menjadi kualitas sosial kita sebagai pengikut Kristus.

3. Cara kita memperlakukan orang-orang yang sering dianggap tidak penting
Secara natural, cara kita memperlakukan sesama sering tidak adil. Kalau kita anggap seseorang itu penting bagi kita, maka kita memperlakukannya dengan cara yang istimewa. Kita selalu berusaha untuk terlihat begitu baik dan penuh rasa hormat. cara demikian sudah lumrah. Sudah biasa di kehidupan kita. Tetapi bagaimana cara kita memperlakukan office boy di kantor, pembantu di rumah dan sebagainya? Apakah kita bicara dengan sopan santun kepada mereka? Apakah kita selalu mengucapkan terima kasih atas semua kebaikan yang mereka lakukan?


Kualitas sosial seseorang dapat dilihat dari caranya memperlakukan orang lain, bahkan kepada orang-orang yang memusuhinya. Orang baik selalu melihat persamaan dalam perbedaan. Mereka tidak terpengaruh oleh penampilan luar, kekayaan dan jabatan. Karena mereka sadar bahwa pada hakekatnya manusia bukanlah makhluk fisik, melainkan makhluk spiritual. Dan makhluk spiritual selalu dipenuhi dengan cinta.

Post a Comment for "KUALITAS SOSIAL SEORANG PENGIKUT KRISTUS"