Translate

KEUNTUNGAN DARI PENYERAHAN DIRI

Alkitab baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru berbicara sangat jelas tentang bagaimana kita memperoleh keuntungan bila kita sepenuhnya menyerahkan kehidupan kita kepada Allah. Dengan demikian, penyerahan diri kepada Allah dalam ketaatan dan kepercayaan total memberi keuntungan kepada kita.

Apa saja keuntungan dari penyerahan diri kepada Tuhan? Berikut beberapa keuntungan yang kita peroleh ketika kita berserah sepenuhnya kepada Tuhan.

1. Mengalami ketentraman.
"Berlakulah rama terhadap Dia, supaya engkau tentram; dengan demikian engkau memperoleh keuntungan" - Roma 6:17 (Msg). "Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah menaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu" - Roma 6:17 (TB). Dosa membuat kita tidak tentram. Dosa membuat kita kehilangan ketentraman. Dosa membuat kita hidup dalam kegelisahan. Namun, syukur kepada Allah karena pengampunan-Nya kepada kita melalui Tuhan Yesus Kristus. Itulah yang membuat kita mengalami ketentraman ketika kita berserah sepenuhnya kepada Allah.

2. Mengalami kemerdekaan.
"Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: "Kawankah engkau atau lawan?" Jawabnya: "Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang Aku datang". Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: "Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?" Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: "Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus". Dan Yosua berbuat demikian" - Yosua 5:13-15 (TB). "Serahkan dirimu kepada jalan-jalan Allah, maka kemerdekaan tidak akan pernah berhenti...perintah-perintah-Nya memerdekakan kamu untuk hidup secara terbuka di dalam kemerdekaan-Nya" - Yosua 5:13-15 (AITB).

Penyerahan diri Yosua kepada Panglima Balatentara TUHAN dan ia melakukan apa yang dikatakan oleh Panglima Balatentara TUHAN, maka ia mengalami kemerdekaan dari musuh-musuhnya. Kita juga akan mengalami kemerdekaan secara rohani ketika kita berserah secara total kepada Allah.

3. Mengalami kuasa Allah.
Pada saat kita berserah kepada Allah dalam totalitas hidup kita, dalam setiap permasalahan dan pergumulan hidup kita, maka kita pasti mengalami kuasa Allah. Pengujian-pengujian, masalah-masalah, dan pencobaan-pencobaan yang menguasai kita dapat dikalahkan oleh kuasa Tuhan Yesus pada waktu kita menyerahkannya kepada-Nya.

Keuntungan dari penyerahan diri kita kepada Tuhan, yaitu kita mengalami ketentraman, mengalami kemerdekaan dan mengalami kuasa Allah dalam hidup kita. Oleh karena itu, dalam segala sesuatu yang kita alami dan hadapi berserahlah selalu kepada Tuhan karena besar keuntungan yang akan kita peroleh. Selamat menjalani hidup berserah kepada Tuhan setiap hari.

Post a Comment for "KEUNTUNGAN DARI PENYERAHAN DIRI"