Translate

IMAN YANG BERTUMBUH PART 2

Dalam tulisan terdahulu kita sudah membahas satu hal yang harus kita miliki agar kita bisa bertumbuh. Dan pada kesempatan ini, kita akan melanjutkan pembahasan tentang iman yang bertumbuh. Selain kita harus memiliki komitmen untuk bertumbuh, maka ada dua hal lagi yang kita perlukan untuk iman kita bisa bertumbuh. Kedua hal dimaksud ialah:

2. Kita harus berjuang untuk bertumbuh.
"Karena itu saudara-saudaraku, berusahalah sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihanmu makin teguh. Sebab jikalau kamu melakukannya, kamu tidak akan pernah tersandung" - 2 Petrus 1:10. Pertumbuhan membutuhkan pupuk dan pupuknya adalah masalah dan penderitaan.

Penderitaan dan masalah sering membuat kita pesimis, merasa tidak berdaya dan tidak mau berbuat apa-apa, sehingga membuat kehidupan kita menjadi stagnan oleh karena  itu dibutuhkan usaha dan kerja keras serta kesungguhan hati untuk berjuang mengatasi segala rintangan.

Dan ingatlah pohon yang kerap kali mendapatkan angin yang keras justru semakin kokoh dan tegar. Dan kalau kita tetap berusaha untuk berjuang menghadapi segala pergumulan yang ada dalam rangka bertumbuh, maka suatu saat kita akan semakin teguh di dalam iman.

2. Kita harus senantiasa sadar bahwa kita harus terus bertumbuh.
"Karena itu aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu akan semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan telah teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima" - 2 Petrus 1:12.

Kesadaran yang terus menerus sangat diperlukan dalam pertumbuhan iman kita. Kita harus selalu ingat bahwa pertumbuhan kita tidak boleh terhenti. Ada kemungkinan bahwa kita tidak bisa menjaga kesadaran kita sendirian, sehingga kita membutuhkan orang lain. Kadang kacamata kita tidak bisa melihat diri kita secara obyektif.

Mungkin kita merasa bahwa kita bertumbuh tetapi kenyataannya tidak. Justru disaat kesadaran akan pertumbuhan diri tidak berjalan inilah orang lain berfungsi untuk mengingatkan agar kita beranjak dari keadaan kita sehingga tidak berlama-lama kita berada dalam kehidupan yang tidak bertumbuh.

Oleh karena itu, bertumbuhlah! Karena hanya itu satu-satunya jalan untuk menuju kedewasaan. Milikilah komitmen untuk bertumbuh karena pertumbuhan bukan hal yang otomatis, dan berjuanglah untuk bertumbuh sekalipun tidak mudah dan ada halangan serta rintangan, namun sadarlah bahwa kita harus terus bertumbuh karena itu adalah tanda iman kita hidup.

Post a Comment for "IMAN YANG BERTUMBUH PART 2"