Translate

Hidup Orang Kristen Yang Berintegritas 1

Hidup orang Kristen yang berintegritas ~ Kamus online yang terkenal yaitu Merriam-Webster Online Dictionary melaporkan bahwa kata dalam kamus mereka yang paling sering dicari adalah INTEGRITAS. Yang mereka definisikan “suatu kesetiaan yang tetap kepada aturan-aturan moral atau nilai-nilai seni tertentu”. Kata ini dipakai untuk menggambarkan mereka yang tidak ingin disuap atau tidak ingin memiliki moral yang jahat. Pertanyaannya mengapa kata ini paling sering dicari? Apakah itu karena integritas telah menjadi langka sehingga orang tidak lagi dapat memahami bagaimana kehidupan seorang yang berintegritas?
           
Tentang Integritas
Dalam Alkitab kita, kata INTEGRITAS tidak ada. Kata ini yang dalam bahasa Inggrisnya integrity yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi beberapa makna antara lain:
(1) Tulus hati. misalnya dalam 1 Raja-raja 9:4  “Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku”
(2) Saleh. Ayub 2:3  Firman TUHAN kepada Iblis: “Apakah engkau memperhatikan hamba-Ku Ayub? Sebab tiada seorangpun di bumi seperti dia, yang demikian saleh dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia tetap tekun dalam kesalehannya, meskipun engkau telah membujuk Aku melawan dia untuk mencelakakannya tanpa alasan.”
(3) Tidak bersalah.  Ayub 31:6  biarlah aku ditimbang di atas neraca yang teliti, maka Allah akan mengetahui, bahwa aku tidak bersalah.
(4) Bersih kelakuannya. Amsal 19:1  Lebih baik seorang miskin yang bersih kelakuannya dari pada seorang yang serong bibirnya lagi bebal.


Terjemahan kata integrity dalam Alkitab kita ini, kita dapat melihat bahwa seorang yang berintegritas adalah seorang yang melakukan sesuatu yang benar, memiliki ketulusan hati tidak pura-pura, ia seorang yang saleh.

Seorang yang berintegritas tidak melihat pada apa yang akan didapatkannya dengan hidup yang berintegritas namun ia lebih melihat pada kebenaran yang harus ia lakukan. Pertanyaannya adalah bagaimana kita mengetahui seseorang memiliki hidup yang berintegritas atau tidak? Apa indikatornya?

1. Yusuf – Kejadian 39:10-11
Yusuf adalah seorang yang manis sikapnya dan elok parasnya. Ia juga seorang yang bertanggung jawab dalam tugasnya. Tuhan memberkati Yusuf dengan membuat berhasil segala usaha yang Yusuf kerjakan. Dalam kisah ini Yusuf tinggal di rumah Potifar. Karena keberadaannya Potifar pun diberkati Tuhan. Yusuf diberi kepercayaan menjadi orang nomor dua di rumah Potifar. Selang beberapa waktu kemudian isteri Potifar memandang Yusuf dengan berahi dan Alkitab mencatat bahwa dari hari ke hariia membujuk Yusuf tetapi Yusuf menolak. Dan bahkan ketika seorang pun tidak ada di rumah Yusuf tetap menolak.

Bukan hal yang mudahmempertaruhkan jabatan yang telah ia peroleh dari usahanya bertahun-tahun, dengan segala kemapanan dan keberhasilannya. Yusuf menyadari betul penolakannya akan membawa masalah pada dirinya. Hal lain lagi, isteri Potifar adalah seorang wanita yang cantik sebab sudah suatu kepastian bahwa isteri petinggi-petinggi Mesir akan mempunyai isteri yang cantik. Yusuf tetap menolak. Bahkan dikatakan “Yusuf berlari ke luar.” Kata “lari” di bagian ini sering untuk menunjukkan seseorang yang melarikan diri ketika kalah perang sehingga ia tidak mati terbunuh. Dengan kata lain, bagi Yusuf jika ia tetap tinggal dalam rumah itu sama saja dengan mati. Yusuf memiliki sikap yang tetap setia dari hari ke hari dan meskipun ada atau tidak seorang yang melihatnya. Ciri orang yang berintegritas, yaitu: Tetap melakukan kebenaran dari hari ke hari. Tetap melakukan kebenaran meski seorang pun tidak ada.

Mudah untuk kita taat pada suatu kebenaran atau aturan jika kita diuji sekali saja. Namun bagaimana jika ujian itu datang setiap hari? Bagaimana kalau kita digoda setiap waktu? Sanggupkah kita bertahan? Kita mungkin tidak berdosa atau taat pada satu aturan jika ada orang yang melihat tetapi mungkin akan lain jika tidak ada orang yang melihat? Orang yang berintegritas adalah orang yang tetap taat meski dicobai dari hari ke hari dan ada atau tidak ada orang yang melihat. Baca juga artikel ini: Relasai Iman Kristen Dan Iptek.

Post a Comment for "Hidup Orang Kristen Yang Berintegritas 1"