Translate

CARA EFEKTIF MENYEMBUHKAN LUKA BATIN

Dalam kehidupan kita setiap hari, ada banyak ruang yang berpotensi membuat hati kita terluka. Di rumah, di jalan, di tempat kerja, di pasar, di mall, di sekolah, di kampus bahkan di tempat ibadah sekalipun. Di sisi lain, dalam interaksi sosial kita juga sering terjadi hal-hal yang dapat melukai hati kita. Dengan suami-istri, dengan anak-anak, dengan orangtua, dengan rekan kerja, dengan teman, dengan sahabat, dengan kekasih dan lain sebagainya. Semua hal di atas tentu menimbulkan konflik batin. 

Bila hal itu tidak diselesaikan akan berpengaruh terhadap dinamika aktivitas hidup kita. Bisa merugikan diri kita. Menghambat pertumbuhan kita. Dengan situasi semacam itu, tentunya sebagai manusia normal, Anda ingin segera mengakhirinya. Anda ingin terbebas dari perasaan batin yang galau. Anda pasti ingin dipulihkan. Anda ingin disembuhkan. Anda ingin keluar sebagai pemenang dari situasi dan kondisi demikian. Namun, Anda tidak tahu bagaimana caranya. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda meringankan dan bahkan bisa menyembuhkan luka hati Anda. 

1. Akui perasaan Anda 
Sering ketika kita terluka, kita tidak mau mengakui perasaan itu. Kita berusaha menutupinya. Menyembunyikan dan menyimpannya dalam batin. Anda pikir dengan cara demikian, Anda bisa menahannya. Cara demikian, tidak akan menolong Anda. Justru hal itu akan menjadi bom waktu yang bisa meledak tanpa kontrol Anda. Sehingga kerusakkan dari ledakan itu akan semakin memperparah hidup Anda. 

Cara terbaik ialah akuilah secara jujur perasaan Anda bahwa Anda terluka. Bicaralah secara terus terang bahwa Anda tersakiti oleh orang-orang di sekitar Anda. Cara Anda mengakuinya harus dengan lemah lembut. Jangan mengakuinya dengan emosi dan amarah yang meledak-ledak. Bila Anda melakukan cara di atas, yaitu mengakui perasaan Anda bahwa Anda terluka, saya percaya luka hati Anda sedikit disembuhkan. Konflik batin Anda akan berkurang tensinya. Denyutjantung Anda pun berangsur-angsur akan pulih. Damai di hati Anda akan mengalir bagai air yang menyejukkan. 

2. Berbuat baiklah kepada mereka yang melukai Anda 
Secara umum, yang berlaku dalam kehidupan kita ialah siapa yang menyakiti kita, maka kita akan berusaha untuk membalas menyakiti mereka. Disakiti untuk menyakiti. Itulah persepsi yang sudah terbangun sejak lama dalam diri manusia. Bila Anda melakukan hal demikian, maka akan memperpanjang dan membuat luka hati Anda semakin dalam serta lama tersembuhkan. Cara yang berkualitas dan mumpuni ialah berbuat baiklah kepada mereka yang telah melukai hati Anda. Memang cara ini tidak mudah dilakukan. Tapi bukan berarti tidak bisa. 

Bila Anda mempraktekkan nasehat ini, dijamin luka hati Anda akan tersembuhkan. Lebih dari itu, Anda telah berkontribusi untuk memutus mata rantai permusuhan di antara Anda dengan mereka yang melukai Anda. Relasi Anda juga menjadi pulih. Ada rekonsiliasi di anatar Anda dengan yang menyakiti Anda. Jadi, janganlah jemu-jemu berbuat baik dalam hidup Anda kendatipun Anda merasa dirugikan. 

3. Bertindaklah segera Jangan mendiamkan perasaan Anda. Jangan menunda untuk berbuat baik. Bertindaklah sesegera mungkin. Dengan cara demikian, maka akan semakin cepat kesembuhan luka hati Anda. Akan semakin cepat konflik batin Anda terselesaikan. Akan semakin cepat Anda menjalani hidup tanpa beban emosi yang dalam. Akan semakin cepat Anda menikmati damai di hati Anda. Jadi, bertindaklah dan nikmatilah hasilnya.


Post a Comment for "CARA EFEKTIF MENYEMBUHKAN LUKA BATIN"