Translate

CARA EFEKTIF MENANTI KEDATANGAN YESUS

Setelah Yesus bangkit, lalu menampakkan diri kepada para murid selama 40 hari dan sesudah itu Ia naik ke sorga. Dalam catatan dokter Lukas dikatakan bahwa Yesus akan datang kembali. "Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga" - Kisah Para Rasul 1:10-11.

Berdasarkan firman Tuhan di atas, maka kita sebagai orang percaya atau sebagai gereja Yesus Kristus, kita berada pada masa penantian. Masa penantian maksudnya ialah masa di mana kita sedang menanti kedatangan Yesus yang kedua kali sesuai dengan firman Tuhan di atas.

Waktu menanti atau menunggu secara alami atau natural kebanyakan orang tidak menykainya, karena secara umum menanti atau menunggu itu membosankan. Supaya penantian kita sebagai orang percaya tidak membosankan atau menjenuhkan, maka ada cara efekti yang harus kita lakukan, sehingga penantian kita bernilai dan berdampak.

Pertanyaan penting yang harus kita ajukan ialah: "Apa cara efektif yang harus dilakukan dalam rangka menanti kedatangan Yesus?" Pertanyaan ini merupakan sebuah upaya untuk menggali dan menemukan hal-hal penting yang patut kita lakukan. Berikut beberapa jawaban yang bisa kita lakukan dalam menanti kedatangan Yesus yang kedua kali.

1. Tetap hidup dalam kewaspadaan.
"Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu" - Matius 24:4. Pertanyaannya ialah mengapa kita harus waspada? Dalam Matius 24:5-12, ada beberapa alasan kuat kita harus tetap hidup dalam kewaspadaan, yaitu: (a) akan datang pribadi yang mengaku bahwa ia adalah mesias - ayat 5; (b) terjadi peperangan yang dahsyat - ayat 6; (c) bangsa akan menyerang bangsa lain - ayat 7-8; (d) akan ada penganiayaan dahsyat karena nama Yesus - ayat 9; (e) terjadi kemurtadan besar-besaran - ayat 10; (f) akan muncul nabi palsu secara intens - ayat 11; (f) kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin - ayat 12.

2. Tetap hidup bertahan dan merebut kemenangan sampai Yesus datang kembali.
Dalam menantikan kedatangan Yesus yang kedua kali, kita bukan saja dituntut untuk bertahan, tetapi juga dituntut untuk merebut kemenangan. "Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat" - Matius 24:13. Mengapa harus bertahan? Karena yang bertahan akan mengalami kemenangan dan selamat. Bagaimana bisa bertahan? Mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah - Efesus 6:10-20.

3. Tetap hidup dalam memberitakan Injil.
"Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya" - Matius 24:14. Injil adalah kabar baik. Dikatakan kabar baik karena di dalamnya ada pengampunan dosa oleh darah Yesus. Jadi, semua yang berdosa merindukan pengampunan. Tugas kita ialah memberitakan kabar baik ini kepada seluruh bangsa.

Dalam menantikan kedatangan Yesus, kita harus mengerjakan pekerjaan Allah yaitu memberitakan Injil kepada segala bangsa. Gunakan setiap kesempatan di setiap tempat ke mana kita pergi untuk memberitakan kabar baik/Injil.

Demikianlah cara efektif yang harus kita lakukan di masa penantian akan kedatangan Yesus yang kedua kali. Cara efektif dimaksud yaitu: pertama, tetap hidup dalam kewaspadaan karena jika tidak waspada, maka kita akan tersesat; kedua, tetap hidup bertahan dan merebut kemenangan sampai Yesus datang kembali; ketiga, tetap hidup dalam memberitakan Injil.  

Post a Comment for "CARA EFEKTIF MENANTI KEDATANGAN YESUS"