Translate

ALLAH SEBAGAI PENYEMBUH

Salah satu hal yang sering ditakuti oleh manusia ialah penyakit. Ada beragam virus mengerikan dan membuat seantero dunia mengalami ketakutan. Salah satu virus yang ditakuti akhir-akhir ini ialah virus ebola. Virus ebola adalah virus yang menyerang manusia dan sangat berbahaya. Sudah banyak korbah yang berjatuhan karena diserang oleh virus ebola.

Alkitab memberitahukan kepada bahwa ada bermacam penyakit yang lebih parah dari virus ebola. Seperti penyakit kusta dan lain sebagainya. Penyakit kusta merupakan jenis penyakit yang begitu luar biasa. Namun, Allah ada sebagai penyembuh.

Simak beberapa kupasan berikut yang menunjukkan bahwa Allah adalah penyembuh bagi setiap kita yang menderita.

1. Allah pencipta kita.
Penyakit yang kita derita bukanlah rancangan Allah. Itu terjadi karena manusia telah jatuh ke dalam dosa. Akibatnya kita mengalami sakit karena: (1) makanan yang salah menyebabkan kita sakit - Kejadian 2:9; Imamat 11:1-47; (2) sikap hati yang salah membuat kita sakit - Amsal 17:22; (3) pikiran yang salah atau pikiran yang selalu negatif membuat manusia sakit - Ayub 27:12; (4) tidak berkeringat (kegiatan yang salah) membuat manusia sakit - Kejadian 3:19; (5) ibadah yang salah membuat manusia sakit - Ulangan 7:12-15.

2. Allah tahu bagaimana menyembuhkan kita.
Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, maka manusia menjadi pesakitan. Sebagai pesakitan, manusia berusaha untuk mencari cara agar mengalami kesembuhan. Namun, semua upaya manusia berakhir sia-sia. Allah mengetahui bahwa manusia tidak akan bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Itu sebabnya, Allah bertindak menyembuhkan manusia melalui: (1) janji dan peraturan - Ulangan 7:12; (2) kuasa Allah - Bilangan 11:23; (3) iman kepada janji-janji Allah - Keluaran 15:26.

3. Allah sanggup menyembuhkan semua penyakit.
Allah adalah Pribadi yang mahakuasa. Karena Allah Mahakuasa, maka Ia sanggup menyembuhkan semua jenis penyakit, yaitu: (1) sakit beranak - Yesaya 13:8; (2) sakit kusta - 2 Raja-Raja 5:13-14; (3) sakit sampar - Keluaran 9:15; Mazmur 91:3; (4) sakit demam - Ulangan 32:24; (5) sakit batuk kering - Imamat 26:16; (6) sakit menular (Mazmur 91:6; (7) penyakit hama tanaman - Hagai 2:18; (7) penyakit apa saja - Keluaran 15:26.