Translate

ALLAH SEBAGAI GEMBALA

Dalam Perjanjian Lama, salah satu gambaran yang dipakai untuk menggambarkan hubungan Allah dan umat-Nya adalah gembala dan domba. Pemazmur berkata: "Ketahuilah bahwa Tuhanlah Allah, Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya" - Mazmur 100:3. Yesaya sang nabi mengungkapkan hal serupa demikian, "Seperti seorang Gembala, Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya; anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati" - Yesaya 40:11.

Apa yang Allah lakukan kepada kita sebagai domba gembalaan-Nya? Simak enam hal yang Allah lakukan sebagai gembala bagi kita umat-Nya, domba gembalaan-Nya.

1. Gembala yang baik, mengasihi domba-domba-Nya.
Bagaimana caranya? pertama, dengan kasih yang melebihi kasih seorang ayah dan ibu - Mazmur 27:10; kedua, dengan kasih yang melebihi kasih seorang sahabat - Ayub 19:13; ketiga, dengan kasih yang melebihi kasih seorang kekasih - Yeremia 30:14.

2. Gembala yang baik, mengenal domba-domba-Nya.
Kita adalah umat yang diciptakan dan diselamatkan oleh Allah melalui Tuhan Yesus Kristus. Karena itu, Dia sangat mengenal kita. Bagaimana Allah mengenal kita? pertama, Ia mengenal kita sejak dalam rahim ibu - Mazmur 139:13; kedua, Ia mengenal kita lebih dari kita mengenal diri kita sendiri - Yehezkiel 18:20; ketiga, Ia tahu apa yang ada dalam hati dan pikiran kita - Mazmur 139:23.

3. Gembala yang baik, mencukupi keperluan domba-domba-Nya.
Dalam segala aspek hidup kita, Tuhan mengetahui secara sempurna. Bahkan keperluan hidup kita setiap hari pun Allah mengetahui dan mencukupinya. Apa saja keperluan kita yang dicukupkan oleh Allah? pertama, keperluan jasmani - Mazmur 23:1-2; kedua, keperluan jiwani - Mazmur 23:3; ketiga, keperluan rohani - Mazmur 23:6.

4. Gembala yang baik, menuntun domba-domba-Nya.
Bagaimana cara Allah menuntun kita domba-domba-Nya? pertama, Allah menuntun kita pada jalan berkat - Mazmur 23:2; 3:9; kedua, Allah menuntun kita pada jalan damai sejahtera - Mazmur 23:4; ketiga, Allah menuntun kita pada jalan keselamatan - Yesaya 59:1; keempat, Allah menuntun kita sampai dalam kekekalan - Mazmur 23:6.

5. Gembala yang baik, menjaga domba-domba-Nya.
Allah menjaga kita dengan sempurna. Kesempurnaan penjagaan Allah ini ditandai dengan: pertama, menjaga kita dari marabahaya - Mazmur 27:5; kedua, menjaga kita dalam segala situasi, kondisi dan keadaan apapun - Mazmur 91:2-6; ketiga, menjaga kita dari kebinasaan kekal - Mazmur 40:3.

6. Gembala yang baik, menyelamatkan domba-domba-Nya dari musuh.
Sebagai umat Allah, bukan berarti kita bebas dari musuh selama hidup di dunia ini. Setiap hari musuh selalu mengintai hidup kita. Musuh kita ialah Iblis dan antek-anteknya - Kejadian 3:15. Di mana Allah ada musuh pasti dikalahkan - Mazmur 68:2. 

Post a Comment for "ALLAH SEBAGAI GEMBALA"