Translate

Yesus Datang Membawa Keuntungan

Yesus datang membawa keuntunganRasul Paulus menulis: “Ia datang memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang jauh dan mereka yang dekat” (Efesus 2;17). Siapakah yang dimaksudkan oleh rasul Paulus dalam pernyataan: “...kamu yang jauh...?” Ini menunjuk kepada orang-orang non Yahudi. Artinya orang-orang bukan Yahudi juga menjadi fokus penyelamatan Allah. Dan Yesus datang untuk mengaruniakan damai sejahtera bagi mereka. Lalu siapa pula yang dimaksudkan oleh rasul Paulus dalam pernyataan: “...dan mereka yang dekat?” Ini menunjuk kepada orang Israel sebagai bangsa pilihan. Dengan demikian, Yesus datang memberitakan damai sejahtera untuk semua bangsa.


Jika semua orang mengetahui bahwa Yesus datang memberi damai sejahtera pasti mereka menyambut Tuhan Yesus dengan senang hati seperti Gembala dan orang Majus itu. Hari inilah kesempatan yang baik bagi kita memberitakan bahwa Yesus datang memberi manusia damai sejahtera dimanapun kita berada. Manfaat damai sejahtera pemberian Tuhan Yesus:

Pertama, Damai sejahtera yang membuat kita beroleh jalan masuk (bertemu) kepada Allah Bapa. "Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang "jauh" dan damai sejahtera kepada mereka yang "dekat" - Efesus 2:17. Rasul Paulus begitu tegas menyatakan bahwa kedatangan Yesus melalui inkarnasi-Nya memberi damai sejahtera kepada manusia yang kehilangan damai sejahtera karena dosa. Dengan dengan demikian, bagi kita sungguh berbahagia karena Yesus datang atau Yesus lahir yang selalu kita rayakan setiap bulan desember khususnya pada tanggal 25 Desember setiap tahun memberi keuntungan kepada kita. Bagi yang "jauh" maupun yang "dekat" sama-sama menerima damai sejahtera yaitu kita yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi.

Kedua, Damai sejahtera yang membuat kita menjadi keluarga Allah. Rasul Paulus menulis, "Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru" - Efesus 2:19. Rasul menegaskan bahwa salah satu keuntungan dari kelahiran Yesus di dunia ialah menjadikan kita anggota-anggota keluarga Allah. Menjadi bagian dalam lingkuran kekuasaan Allah yang olehnya kita mendapat jaminan abadi, baik di dunia ini maupun dalam kerajaan sorga.

Ketiga, Damai sejahtera yang membuat kita menjadi Bait Allah (pribadi) yang kudus. Rasul Paulus menulis: "Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh" - Efesus 2:21-22. Tubuh kita menjadi tempat Allah berdiam. Supaya layak ditempati oleh Allah, maka kita harus hidup kudus. Artinya, totalitas hidup kita terpisah dari cara hidup duniawi yang bertentangan dengan kekudusan Allah. Itu sebabnya, kita harus berusaha agar hidup kita senantiasa layak di hadapan Allah dan pantas Allah berdiam dalamnya.

Kedatangan Kristus membawa keuntungan yang sangat besar yaitu: pertama, Memiliki damai sejahtera yang memberi kita jalan masuk bertemu dengan Bapa; kedua, Memiliki damai sejahtera yang membuat kita menjadi keluarga Allah;  dan ketiga, menjadi tempat kediaman Allah yang kudus (Efesus 2:20). Ajaib Anugrah Tuhan.