Translate

Keuntungan Hidup Dalam Penggembalaan Tuhan

Dalam Mazmur 23, Daud memberi penjelasan yang akurat tentang Tuhan sebagai gembalanya. Tentu pernyataan Dau tersebut memiliki alasan yang kuat. Pengalamannya sebagai seorang gembala telah membawanya kepada sebuah pemahaman teologis yang mendalam tentang Tuhan. 

Dalam perjalanan kehidupannya sebagai seorang gembala, tentu Daud banyak mengalami pergumulan dan juga tantangan. Apa lagi dalam upayanya menjaga domba-domba gembalaannya. Ia acap kali diperhadapkan dengan singa dan beruang yang berusaha untuk menerkam domba-dombanya. Hal ini menuntut perhatian yang serius dan pengorbanan yang besar dari pihak Daud. 

Dalam situasi dan kondisi semacam itu, Daud menyadari kalau bukan Tuhan yang menjadi gembalanya, sudah tentu singa dan beruang sudah mencabik-cabik dan merenggut nyawanya. Pengalaman pertolongan Tuhan dalam hidupnya telah membuat Daud memandang Tuhan sebagai Gembalanya yang terbaik. Melalui Mazmur 23 ini, Daud ingin mengajak setiap umat tebusan Tuhan untuk menjalani hidup dalam penggembalaan Tuhan. Mengajak setiap kita untuk menyerahkan totalitas hidup kita kepada pimpinan dan penggembalaan Tuhan. 

Karena ada keuntungan yang akan kita peroleh. Apa saja keuntungan yang kita peroleh ketika kita menjalani hidup dalam penggembalaan Tuhan? Ada beberapa keuntungan, yaitu: 



I. Karena dalam penggembalaan Tuhan, kita mengalami berkat-Nya - Mzm.23:1-3. 
Kita percaya bahwa di dalam penggembalaan Tuhan, kebutuhan hidup kita selalu tercukupi dan terpelihara secara sempurna. 

1. Ia membaringkan kita di padang yang berumput hijau. 
2. Ia menyegarkan kita yang percaya kepada-Nya. 
3. Ia menuntun kita kepada kebenaran. 

II. Karena dalam penggembalaan Tuhan, kita mengalami pembelaan dan perlindungan-Nya yang sempurna - Mzm.23:4-5a. 
Kita tahu bahwa dalam hidup kita ada masalah, ada pergumulan, ada tantangan, ada penderitaan. Namun, semua itu tidak membuat kita tawar hati dan putus asa. Kita percaya bahwa pembelaan dan providensia dari Tuhan itu sempurna bagi kita. 
1. Tidak perlu takut akan bahaya yang mengancam hidup kita. 
2. Tidak perlu meragukan Tuhan sebagai Gembala Agung kita. 
3. Tidak perlu kuatir akan hidup kita karena Tuhan menjamin hidup kita. 

III. Karena dalam penggembalaan Tuhan, kita mengalami pimpinan-Nya untuk hidup dalam kebenaran - Mzm.23:5b-6. Dunia dengan segalam sistemnya berusaha untuk menarik kita keluar dari jalan yang benar. Dunia berusaha untuk memutar-balikkan kebenaran, sehingga yang salah bisa menjadi benar dan yang benar bisa menjadi salah. Namun, sebagai umat Tuhan, kita bersyukur karena Dia menjadi Gembala kita. 

1. Dalam pimpinan Tuhan, kita memiliki keberanian untuk mengambil keputusan walaupun dalam situasi yang sulit. 
2. Dalam pimpinan Tuhan, kita memiliki keyakinan yang kuat untuk hidup dalam kebenaran. 3. Dalam pimpinan Tuhan, kita mengalami kebajikan dan kemurahan Tuhan bagi hidup kita. Marilah kita belajar untuk selalu menjalani hidup ini dalam penggembalaan Tuhan. Karena dengan cara demikianlah kita akan mengalami perkara-perkara ajaib bersama dengan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Post a Comment for "Keuntungan Hidup Dalam Penggembalaan Tuhan"