Translate

Peran Visi Bagi Orang Percaya

Apa sesungguhnya visi itu? Bagaimana memahami serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Menurut kata orang, salah satu pengertian visi adalah "Kemampuan untuk melihat masa depan dengan mata yang tidak dimiliki oleh orang biasa". Pengertian ini menjelaskan bahwa sesungguhnya orang-orang khusus sajalah yang memiliki hak untuk memahami, memperoleh dan mewujudkan visi itu. Pertanyaan pentingnya ialah: "Apakah benar demikian?" Dalam menjawab pertanyaan ini, bila pertanyaan di atas dikejar dengan pertanyaan: "Masa depan apakah yang dapat dilihat dengan mata orang istimewa ini?" Jawabannya adalah "tidak ada".

Pada sisi lain, Firman mengatakan: "Bila tidak ada wahyu (visi) menjadi liarlah rakyat" - Amsal 29:18. Kalau begitu, apa sesungguhnya visi itu? Dan apa sepatutnya sikap yang harus diambil oleh orang Kristen atas pemahaman visi berdasarkan Firman Allah ini?
  1. Visi itu ada dan dapat dimiliki oleh setiap orang. Apa makna kebenaran tentang: "visi itu ada dan dapat dimiliki oleh setiap orang ini?" Pertama, visi itu adalah "kehendak suci" inner will yang ditulis TUHAN Allah di dalam hati setiap orang. TUHAN Allah yang Mahaadil tentu menulis visi di dalam hati setiap anak manusia secara merata, khususnya di dalam jiwa anak-anak-Nya. Kedua, visi itu harus digali, ditemukan dan dipastikan oleh setiap orang di dalam kehidupannya sejak dini. Kehidupan dapat menjadi berbeda, jika setiap orang dapat menemukan tulisan tangan TUHAN Allah ini di dalam kehidupannya, yang dapat membuat hidupnya menjadi berbeda.
  2. Visi memberikan tujuan hidup sebagai dasar bagi tindakan nyata. Apa arti: "visi memberikan tujuan hidup sebagai dasar bagi tindakan nyata ini?" Pertama, visi membuat orang menemukan fokus terbesar dalam kehidupannya untuk diperjuangkan. Setiap orang yang menemukan visi memiliki dan memahami tujuan hidup yang pasti untuk digumuli. Kedua, visi menuntun langkah nyata untuk bertindak mencapai masa depan yang pasti. Penemuan visi memberikan kepastian tentang hal yang dapat dikerjakan untuk memenuhi hasrat hidup.
  3. Kesimpulan. Orang yang menemukan visi memahami siapa dirinya, dan ke mana ia akan dan dapat pergi ke masa depan kehidupannya. Orang yang menemukan visi kehidupannya mengetahui dengan pasti apa yang akan dan dapat dilakukan untuk membuat sesuatu yang dihasratkan terjadi.   

Post a Comment for "Peran Visi Bagi Orang Percaya"