Translate

Karakteristik Roh Kudus Dalam Hidup Kita

Karakteristik Roh Kudus dalam hidup kita ~ Penulis kitab Samuel menulis demikian: "Ketika Saul mendengar kabar itu, maka berkuasalah Roh Allah atas dia, dan menyala-nyalalah amarahnya dengan sangat" - 1 Samuel 11:6. Berdasarkan firman Tuhan tersebut, kita bisa menemukan bagaimana karakteristik Roh Kudus dalam kehidupan setiap umat Allah. Roh Allah yang kudus sungguh ajaib karakteristiknya. Karakteristik Roh Kudus dapat mempengaruhi karakter setiap orang percaya.

Raja Saul mengalami langsung pengaruh karakteristik Roh Kudus dalam hidupnya. Karakteristik Roh Kudus begitu kuat menguasai hidup dan diri raja Saul, secara khusus ketika menghadapi pergumulan dan tantangan kehidupan.

1. Roh Kudus menguasai hidup kita.
"Ketika Saul mendengar kabar itu, maka berkuasalah Roh Allah atas dia", ini menegaskan kekuasaan dan penguasaan Roh Kudus atas hidup dan diri seseorang. Roh Kudus membuktikan bahwa Ia adalah penguasa yang berkuasa penuh atas hidup orang yang dipenuhi dan dikuasai-Nya.

Raja Saul mendengar suatu berita yang mengatakan bagaimana bangsa Amon menyerang bangsa Israel, yaitu daerah Yabesh-Gilead. Dalam situasi semacam itulah Roh Kudus berkuasa atas hidup Saul, supaya Saul tidak mengandalkan kekuatan, kehebatan dan kepintarannya tetapi selalu berada di dalam penguasaan sepenuhnya dari Roh Kudus.


Demikian juga dengan kehidupan kita. Ada kalanya kita mengalami hal-hal yang menggetarkan, menakutkan dan mengerikan dalam hidup ini. Dalam situasi semacam itu kita butuh kekuatan ekstra, kekuatan spiritual, kekuasaan yang bersumber dari Roh Kudus sehingga kita bisa menghadapi semua situasi sulit dalam hidup kita. Roh Kudus Sang Penguasa hidup kita harus kita beri diri kepada-Nya.

2. Roh Kudus membangkitkan keberanian ilahi.
"Ketika Saul mendengar kabar itu, maka berkuasalah Roh Allah atas dia, dan menyala-nyalalah amarahnya dengan sangat" - 1 Samuel 11:6. Roh Kudus membangkitkan keberanian ilahi dalam diri Saul, sehingga Saul dengan keberanian itu dapat bertindak untuk menghadapi setiap musuh yang datang dari bangsa Amon.

Alkitab memberikan beberapa contoh tentang bagaimana Roh Kudus membangkitkan keberanian ilahi dalam diri setiap umat Allah. Tokoh-tokoh dimaksud antara lain: 

(a) Roh Kudus membuat Musa berani menghadapi Firaun untuk membebaskan bangsa Israel dari tanah perbudakan Mesir - Keluaran 6:12; 

(b) Roh Kudus membuat Elia berani menghadapi ratusan nabi Baal di Gunung Karmel - 1 Raja-Raja 18:25-39; 

(c) Roh Kudus membuat Sadrakh, Mesakh dan Abednego berani menghadapi api yang dipanasi tujuh kali lipat - Daniel 3:16-18; 

(d) Roh Kudus membuat Daniel berani menentang  perintah raja - Daniel 6:11; 

(e) Roh Kudus membuat Daud berani menghadapi Goliat dan membunuhnya - 1 Samuel 17:45-47.

Berdasarkan hal-hal di atas, kita melihat bagaimana karakteristik Roh Kudus menguasai hidup setiap orang dan memberikan keberanian ilahi untuk menentang bahaya dan ancaman serta tantangan yang menghadang hidup mereka. Allah tidak memberikan kepada kita roh penakut, tetapi Roh Kudus yang kuasa-Nya lebih besar dari kuasa apapun di dunia ini. Roh Kudus membangkitkan keberanian dan memberikan kuasa luar biasa bagi setiap orang yang hidup di dalam Dia. 
Baca juga materi khotbah ini: Cara Agar Roh Kudus Tidak Meninggalkan Kita.

Post a Comment for "Karakteristik Roh Kudus Dalam Hidup Kita"