Translate

PERANAN ROH KUDUS DALAM HIDUP PEMIMPIN

Musa menulis demikian: "Lalu Tuhan berfirman kepada Musa: Ambilah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakanlah tanganmu atasnya, suruhlah ia berdiri di depan Imam Eliazar dan di depan segenap umat, lalu berikanlah kepadanya perintahmu di depan atas mereka itu dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia" - Bilangan 27:18-20.

Bagian firman Tuhan di atas menggambarkan Roh Kudus sebagai seorang pemimpin dalam memampukan seseorang berwibawa dan perkasa di depan orang-orang yang dipimpinnya. Roh Kudus memiliki peranan penuh di dalam kehidupan seorang pemimpin. Musa adalah seorang pemimpin. Roh Kudus mengarahkan Musa untuk melakukan kaderisasi kepemimpinan dengan menunjuk Yosua sebagai asistennya.

Pertanyaan penting yang patut diajukan ialah: "Apa peranan Roh Kudus dalam kehidupan seorang pemimpin?" Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi hidup pemimpin.
Peranan Roh Kudus dalam hidup seorang pemimpin ialah memenuhi pemimpin dengan kuasa dan wibawa serta otoritas-Nya. Para pemimpin dalam Perjanjian Lama dalam menjalankan tugas kepemimpinannya, mereka selalu dipenuhi oleh Roh Kudus. Itu sebabnya para pemimpin dalam Perjanjian Lama mampu menjalankan kepemimpinan mereka dengan luar biasa. Contoh-contoh pemimpin yang dipenuhi oleh Roh Kudus, antara lain: (a) Yusuf dalam kepemimpinannya di Mesir - Kejadian 41:38-39; (b) Yosua sebagai pengganti Musa dalam memimpin bangsa Israel menuju tanah perjanjian - Bilangan 27:18; (c) Elia nabi besar dan penuh urapan Roh Kudus melayani dengan penuh kuasa di Israel - 2 Raja-Raja 2:15; (d) Daud raja Israel dalam kepemimpinannya - 1 Samuel 16:13; (e) Simson penuh dengan kuasa sehingga melakukan perkara yang dahsyat di Israel dan Filistin - Hakim-Hakim 13:24-25; (f) Daniel yang terkenal dengan kebijaksanaan dan roh yang luar biasa di Babel - Daniel 5:11-12.

2. Memimpin para pemimpin dalam tugas kepemimpinan.
Peranan Roh Kudus dalam hidup seorang pemimpin ialah memimpin para pemimpin dalam menjalankan tugas kepemimpinan mereka. Roh Kudus mengaruniakan hikmat kepada para pemimpin ketika mengambil keputusan kepemimpinan yang penting. Roh Kudus mengurapi pemimpin dengan kuasa yang hebat ketika melakukan tugas kepemimpinan mereka. Roh Kudus hadir dalam tiang awan dan tiang api dalam memimpin bangsa Israel menuju tanah Kanaan - Keluarga 13:21-22. Roh Kudus memimpin orang bertemu dengan Allah - Yesaya 65:1. Baca juga materi khotbah ini: Peran Roh Kudus Dalam Penciptaan.


Post a Comment for "PERANAN ROH KUDUS DALAM HIDUP PEMIMPIN"