Translate

YESUS KRISTUS PENEBUS DOSA MANUSIA

"Dan Ia akan datang sebagai Penebus untuk Sion dan untuk orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakannya, demikianlah firman Tuhan" - Yesaya 59:20. Nabi Yesaya dalam pimpinan, tuntunan dan arahan dari Roh Kudus memberi penegasan bahwa Yesus Kristus penebus dosa manusia. Dikatakan Yesus Kristus penebus dosa manusia karena memang tidak ada lagi penebus yang lain. Hanya Yesus Kristus penebus dosa manusia satu-satunya yang datang dari sorga ke bumi.

Yesus Kristus penebus dosa manusia, di dalam Perjanjian Lama dilambangkan dengan anak domba yang tidak bercacat. Setiap kali bangsa Israel datang kepada Yahweh, setahun sekali mereka harus membawa korban penebus salah. Korban penebus salah itu harus sempurna, tidak boleh ada yang cacat. Ini adalah syarat utama. Jadi setiap kali bangsa Israel datang kepada Yahweh, mereka harus membawa korban penebus salah atau penebus dosa yang sempurna. Domba menjadi korban yang dipersembahkan kepada Yahweh. Domba tersebut harus jantan dan tidak ada cacatnya.

Semua yang dilakukan dalam Perjanjian Lama secara khusus yang berkaitan dengan domba yang dipersembahkan sebagai korban penebus dosa merupakan lambang yang semuanya itu berakhir pada Yesus Kristus penebus dosa manusia yang dicatat di dalam Perjanjian Baru.

1. Mengapa kita memerlukan Yesus Kristus penebus dosa manusia?
Di dalam kitab secara khusus dalam Yesaya 59, kita menemukan bahwa ada beberapa alasan yang sangat logis dan kuat di mana kita membutuhkan Yesus Kristus penebus dosa manusia. Alasan-alasan dimaksud, yaitu: (a) dosa kita memisahkan kita dari Allah - Yesaya 59:1-2; (b) dosa kita mempengaruhi segala langkah kita - Yesaya 59:7-9; (c) dosa kita menutup hati dan pikiran kita - Yesaya 59:10; 2 Korintus 4:3-4; Efesus 1:8; (d) dosa kita membuat kita tidak berdaya - Yesaya 59:12-13; (e) dosa kita mewarnai setiap keputusan kita - Yesaya 59:14-15; (f) kita tidak dapat menyelamatkan diri kita sendiri - Yesaya 59:16; (g) dosa kita membuat Allah murka dan memberi ganjaran - Yesaya 59:18.

Tujuh alasan di atas menjadi bukti yang logis dan kuat di mana kita membutuhkan Yesus Kristus penebus dosa manusia. Semua manusia telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah - Roma 3:23. Upah dosa ialah kematian, tetapi syukur kepada Allah bahwa ada Yesus Kristus penebus dosa manusia - Roma 6:23. Jadi, manusia bisa berdamai dengan Allah hanya melalui Yesus Kristus. Manusia bisa diampuni dosanya hanya melalui percaya kepada Yesus Kristus dan menjadikan Yesus itu Tuhan dan Juruselamat pribadi.

2. Dengan cara bagaimana Yesus Kristus menebus dosa manusia?
Berdasarkan catatan Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, kita menemukan bahwa Allah sendiri merancang, menjanjikan dan melaksanakan penebusan itu secara sempurna. Ada beberapa cara yang menunjukkan karya Yesus Kristus penebus dosa manusia. Cara-cara dimaksud, yaitu: (a) inkarnasi - Yohanes 1:1, 14; (b) kelahiran - "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka" - Matius 1:21; (c) melayani manusia - Yohanes 1:9; (d) mati di salib - Matius 27:32-56; (d) bangkit dari antara orang mati - Matius 28:1-10.

Berdasarkan paparan di atas, kita menemukan cara Yesus Kristus menebus dosa manusia. Pengorbanan-Nya melampaui pengorbanan yang ditetapkan di dalam hukum Taurat Musa. Itu sebabnya, Yesus Kristus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Allah sebagai korban penebus dosa satu-satunya yang sempurna dan sekali untuk selama-lamanya. Karena itulah, maka tidak ada lagi korban-korban penebus dosa yang lain yang bisa diterima oleh Allah. Hanya Yesus Kristus penebus dosa manusia. Baca juga artikel ini: Hidup Kristen Yang Berdampak Bagi Sesama.  

Post a Comment for "YESUS KRISTUS PENEBUS DOSA MANUSIA"