Translate

Ketika Roh Kudus Melawat Gereja

Ketika Roh Kudus melawat gereja ~ Landasan firman Tuhan untuk tema ketika Roh Kudus melawat gereja, diambil dari Injil Yohanes 16:1-15. Secara lengkap firman Tuhan tersebut, akan dilampirkan di bawah ini. Silahkan para pembaca setia blog ini membacanya secara seksama dan mengikuti pemaparan atau penjelasannya. 16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 16:4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu." Pekerjaan Penghibur (16-4b) "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu, 16:5 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorangpun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? 16:6 Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; 16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; 16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. 16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. 16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."
Besok kita akan merayakan hari Pentakosta, yakni saat dimana Roh Kudus dicurahkan. Apa sih yang sesungguhnya terjadi pada saat Pentakosta? Mengapa orang-orang yang berasal dari berbagai suku dan bangsa (Partia, Media, Elam, Mesopotamia, Yudea, Kapadokia, Pontus dan Asia, Frigia dan Pamfilia, Mesir dan daerah Libya, pendatang-pendatang Roma, orang Yahudi, Kreta dan Arab) menjadi tercengang, termangu-mangu dan pada hari itu juga ada sekitar 3000 jiwa bertobat? Mengapa turunnya Roh Kudus itu begitu dramatis dan spektakuler? Apa yang dikatakan oleh Roh Kudus melalui para murid, dan secara khusus Petrus? Jawabnya ada dalam perkataan Tuhan Yesus sendiri yakni dalam Injil Yohanes 16:1-15. Ada 3 pekerjaan besar dari Roh Kudus yakni: Pertama, Roh Kudus datang untuk menginsyafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yohanes 16:8-11). Kedua, Roh Kudus akan memimpin hidup ke dalam seluruh kebenaran dan menjelaskan hal-hal yang akan datang (Yohanes 16:13) Ketiga, Roh Kudus akan memberitakan dan memuliakan Yesus Kristus (Yohanes 16:14-15). Saudara, pencurahan Roh Kudus itu tidak hanya sekali, seperti yang dikisahkan dalam Kisah Para Rasul pasal 2. Ada pola-pola Pentakosta yang terus terjadi sejak diucapkan oleh Tuhan Yesus dalam Kis 1:8, diterima oleh para Rasul di Yerusalem (Kis 2), dibawa Filipus ke Samaria dan Ethiopia (pasal 8), menobatkan Saulus menjadi Paulus (pasal 9), dibawa Paulus ke Makedonia (Eropa), hingga ke Efesus (Asia) dan terus sampai ke ujung bumi. Nah, pola dan gerakan Pentakosta masih terjadi sampai hari ini. Karena itu mari kita berdoa meminta supaya Roh Kudus mengurapi dan memperlengkapi kita dan karenanya kita akan bisa mengerjakan 3 pekerjaan Roh Kudus tersebut. Sungguh, saat Roh Kudus melawat kita, akan terjadi perubahan dan pertobatan yang besar. Sebab kita akan menerima kuasa dan karunia untuk bersaksi; menyatakan dosa, kebenaran dan penghakiman serta hidup yang memuliakan Tuhan.

Post a Comment for "Ketika Roh Kudus Melawat Gereja"