Translate

5 Keistimewaan Paskah

5 keistimewaan paskah ~ Landasan firman Tuhan untuk tema 5 keistimewaan paskah diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Korintus, yaitu dalam 1 Korintus 15:1-22.

Paskah adalah momentum historis dan teologis yang sangat penting bagi kekristenan. Bahkan dari sinilah seluruh bangunan iman Kristen disusun. Rasul Paulus mengatakan jika Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah kepercayaanmu dan kamu masih hidup dalam dosamu. (I Kor 15:17).

Ada 5 alasan mengapa Paskah begitu istimewa:


Pertama, Paskah adalah kabar suka cita akan kebangkitan Yesus Kristus. Ia telah mati karena dosa-dosa kita dan Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci.

Kedua, titik balik dimana kita menerima anugerah kasih karunia Allah. Kita yang adalah manusia berdosa, telah diselamatkan oleh karya penebusan Allah melalui Yesus Kristus. Itu semua bukan hasil usaha (amal) kita, tetapi tindakan kasih Allah.

Ketiga, kita dipercaya menjadi saksi kebangkitan dan saksi kasih karunia. Rasul Paulus mengatakan hanya oleh karena kasih karunia Allah itulah yang membawa aku ada sebagaimana aku sekarang ini, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidaklah sia-sia. 

Sebaliknya, melalui kasih karunia Allah itulah, aku akan bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia yang menyertai aku. (I Kor 15:10).

Keempat, kita memiliki model dan modal untuk melawan dosa dan kematian. Sebab Kristus yang dibangkitkan itu menjadi yang sulung bagi pengharaan akan kebangkitan kita. Yesus sendiri katakan: "Akulah kebangkitan dan hidup, berangsiapa percaya kepadaKu, ia akan hidup walaupun ia sudah mati." (Yoh 11:25)

Kelima, karena Kristus akan datang sebagai Raja yang akan memegang otoritas kuasa Kerajaan Allah Bapa (ayat 24). Semua musuhNya akan tersungkur di kakiNya dan mautpun tak punya daya, sebab segala sesuatu takhluk dibawah kakiNya (ayat 27-28).

Nah,  tidakkah Paskah itu sungguh peristiwa yg luar biasa?
Selamat Paskah! Selamat menjadi saksi kebangkitanNya dan menjadi pewaris kasih karunia.

Post a Comment for "5 Keistimewaan Paskah"