Makna Mengikut Tuhan Yesus
Makna mengikut Tuhan Yesus ~ Tindakan ‘meminta’ jadi biasa,
sejak kecil sampai mati, mulai dari minta mak an dengan bahasa tangisan hingga
meninggalkan pesan: ‘Kalau mati, dibakar saja supaya tak merepotkan.’ Ada
beragam cara dan bentuk permintaan. Hidup akan jadi kaku dan dingin tanpa relasi
tersebut. Sepanjang hidup, ia terlat ih meminta. Kalau cara satu gagal, digunakan
yang lain.
Permintaan kepada Tuhan tak sekedar minta seperti pada
orangtua, guru, dosen, polisi atau yang berotoritas lebih kuat di mana sikap, perkataan
dan mimik wajah harus diatur sehingga berkenan, disertai dengan kesediaan hati untuk
bayar harga. Tapi manusia seringkali minta karena ada objek lebih tinggi.
Kepada Allah, ia seringkali tak bersikap demikian melainkan
malah lebih kurang ajar daripada dengan orangtua. Ia mungkin minta dengan mengancam.
Misalnya, jikalau permintaan tak dikabulkan atau sakit penyakit tak disembuhkan
maka ia tak lagi mau jadi Kristen apalagi mencari-Nya. Sebaliknya, Tuhan
dipermalukan. Padahal Allah lebih hebat, besar, tinggi, kuat dan agung. Maka
seharusnya sebelum masuk ke bait kudus-Nya, jemaat harus membuka sepatu, seperti
yang pernah diajarkan pada Musa.
Banyak orang pindah dari Gereja karena minta kepada-Nya
sangat melelahkan dan harus sabar. Cara berpikir seperti itu tak beda dengan orang
kaya yang saleh di Markus
10:17-27. Mungkin ia cukup berumur, sekitar 40 tahun, sebab katanya
di ayat 20, “Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku (+ 15-20 tahun).”
Pada usia 40 tahun, manusia mulai memikirkan sakit dan kematian. Usaha juga harus
mantap karena setelah masa tersebut takkan ada peluan g lebih baik.
Tapi caranya tak beda dengan para murid. Ia berkata , “Guru
yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” (Markus 10:17) Namun Tuhan menjawab,
“Mengapa kau kata kan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain daripada Allah
saja.” (ayat18) Artinya, Ia menegur sekaligus membangun supaya orang tersebut tak
basa -basi melainkan langsung mengatakan keinginannya. Sebenarnya Ia mengetahui
hatinya yang menganggap diri sendiri baik lalu hendak mengadakan pengesahan. Tapi
Ia teta p appreciate.
Ketika minta kepada Tuhan, seharusnya tak boleh menganggap
-Nya sebagai sumber otoritas. Jika tidak, orang Kristen akan terus bermain
drama karena kalau tak sesuai keinginan -Nya maka Ia takkan mengabulkan. Padahal
di Matius 6:8 Kristus mengatakan, “… Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan,
sebelum kamu minta kepada-Nya.” Maka di ayat 6 tercatat, “Tetapi jika engkau berdoa,
masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di
tempat tersembunyi.”
Selain itu juga tak boleh beranggapan Tuhan memberi tanpa
resiko. Ketika minta kendaraan, anak tak memikirkan resiko. Juga tak terpikir andaikata
harus beli dengan biaya sendiri. Orangtua bijaksana a kan menjelaskan bahwa bukan
karena sudah lulus SMA ia harus memperoleh SIM. Jikalau dikabulkan, ia harus
menanggung resiko karena biaya pemeliharaan dan perbaikan tak murah. Nilainya jadi
tak sekedar harga beli saja. Yesus mengatakan bahwa manusia boleh minta tapi
sebelumnya harus melakukan beberapa syarat (Markus 10:19 dan 21).
Banyak Pendeta menggunakan Markus 10:21 untuk memeras
orang kaya dan membuat mereka ketakutan. Sesungguhnya ayat tersebut bukan untuk
mereka melainkan orang yang merasa diri kaya atau mampu. Tak seorang pun boleh
menghina karena semua manusia sebenarnya kaya. Bahkan orang miskin pasti
memiliki nilai kekayaan tersendiri diekspresikan dalam bentuk barang. Dan juga tak
ada orang mau dih ina
sebab memiliki dignity/self-confidence yang membuatnya
survive. Kalau ada kesempatan, ia pasti membalas orang yang menghinanya.
Semakin merasa susah, ia makin menanamkan dalam diri bahwa masih memiliki
kemampuan. Maka banyak cerita mengisahkan tentang orang kaya yang awal mulanya miskin
sehingga harus melalui perjuangan berat. Tapi motivasi hanya Tuhan yang tahu.
Permintaan harus disertai reason (alasan) jelas, bukan
untuk sekarang tapi kelak. Seharusnya para murid langsung pandai setelah mendengar
khotbah Yesus. Namun mereka malah berpikir untuk gerakan yang masih baru, dibutuhkan
orang kaya semacam itu karena belum ada di k elompok Tuhan. Orang tersebut
sangat saleh, secara sosial terkenal dan financially kuat.
Isi hati para murid tercatat di Markus 10:28 dan lebih jelas
lagi di Matius
19:27, “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan
mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?” Itu merupakan ungkapan kekecewaan
mereka. Sesungguhnya inti permasalahannya ialah perolehan yang mendorong mereka
minta.
Biasanya orang tak mempermasalahkan cara, entah mengelabui,
merampas dll. Namun perikop tersebut menekankan tujuan. Misalnya, untuk
memperlengkapi diri hingga hidup lebih nyaman atau menambah sesuatu yang sebenarnya
telah ada. Namun yang kedua membuat seseorang diperbudak oleh keinginannya sendiri.
Maka ia tak boleh berhenti hanya untuk sekedar fun karena itu berarti berma in dengan
dosa.
Yesus tak menggugurkan keinginan orang tersebut. Ia juga
tak mengurungkan niat memberi hidup kekal pada mereka yang minta. Ia sangat mengasihinya
(Markus 10:21). Tapi ia pergi
karena kecewa. Rupanya tak hanya orang kaya terhormat itu ya ng mengalami kendala
dalam menerima Kristus. Para murid juga demikian.
Problem Kingdom terjadi sejak awal Injil ditulis untuk
menunjukkan bahwa para nabi dan raja terkecoh tentang Allah karena sifat -Nya tak
sesuai pemikiran mereka. Padahal Dialah Sang Penguasa dan Pencipta. Klimaksnya
ketika Nabi Yesaya, Yeremia dan Yehezkiel diutus untuk mengatakan bahwa mereka
harus menyerahkan diri ke Babel (Yeremia 25:11). Padahal saat itu mereka berjaya. Maka
Yesaya dipasung sedangkan Yeremia diikat lalu dimasukkan ke sumur karena terjadi
konflik dalam pikiran mereka. Berulangkali pula Yeremia mengalami konflik diri (Yeremia 20:7-18). Tapi semua itu
merupakan proses transforming dimana perubahan harus terjadi. Predestinasi dan kedaulatan-Nya sulit dimengerti kecuali pernah me ngalaminya.
Tuhan sangat mengerti manusia. Maka Ia melayani
pertanyaan seperti Matius 19:27. Seharusnya para murid yang mengikuti-Nya selama 2,5 tahun
tak boleh bertanya semacam itu sebab telah menyaksikan keajaiban dan kehebatan Anak
Allah. Semestinya mereka langsung bersembah sujud dan mengucap syukur.
Petrus memang mantan orang besar yaitu bandar ikan dengan
tiga perahu. Ikan yang ditangkapnya adalah kesukaan Kaisar. Ia juga yang tertua
di antara para murid. Maka ia representatif ketika bertanya seperti di Matius 19:27. Kenyataan tersebut
merupakan permainan emosi, motivasi dan logika bagi mereka.
Setelah mendengar jawaban Yesus (Markus 10:29-31), Petrus baru
menyadari, bukan karena Tuhan dan Injil ia meninggalkan semuanya. Kristus telah
mengetahui bahwa kalkulasi masih terlalu kuat dan erat mengikat pikiran mereka.
Sehingga berpikir akan mendapat posisi dan keuntungan. Konsep tersebut tak pernah
berhenti hingga diselesaikan oleh tulisan para Rasul.
Seringkali manusia sulit memilih antara harta dan Yesus
karena merasa masih hidup di dunia. Penyebab utama sebenarnya ialah karena Injil
membongkar dan membuat hidupnya bertumbuh hingga timbul kerelaan untuk meninggalkan
yang lama. Injil tak menghukum melainkan sangat revolusioner (mengembalikan
pada yang asli) sekaligus memberitahukan berita yang
sungguh membahagiakan tapi ia malah ketakutan hingga tak mudah menerimanya. Di Matius 6:24 Ia menegaskan,
“Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.” Perikop tersebut membicarakan
prioritas.
Kemudian dilanjutkan, “Karena itu Aku berkata kepadamu:
Janganlah kuatir akan hidupmu,...” (Matius 6:25) Kalau pengajaran tersebut berhenti hanya
di ayat ini, berarti Kristen gagal membangun kembali. Ayat tersebut sebenarnya mengatakan
bahwa hendaklah rasa kuatir diarahkan s ecara tepat. Maka kebenaran harus dicari
terlebih dulu. Ia tak menghapus perasaan tersebut melainkan membuat perbandingan
(ayat 26-30) untuk menunjukkan bahwa sebenarnya tak perlu kuatir berlebihan.
Kekuatiran itu natural karena mendorong manusia untuk mencari
nafkah.
Para murid sebenarnya juga ragu menerima Tuhan karena lebih
miskin daripada Yohanes Pembaptis yang berkharisma dan masih termasuk keturunan
imam besar Zakaria. Kebanyakan pengikut Yohanes ialah soldiers. Tapi ia mati muda
karena dimusuhi banyak orang. Sedangkan Yesus hanyalah keturunan tukang kayu dari
Nazaret. Padahal Dialah Mesias. KehadiranNya secara fisik dan fenomenal sangat meragukan
(Yesaya
53:2-3). Tapi ketika mendekati, mendengar serta memperhatikan Firman dan kebesaran
jiwa -Nya, manusia takkan ragu lagi untuk terus ikut Dia dalam suka duka.
Di Mrk 11:28 tercatat para imam bertanya untuk
menjebak -Nya, “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah
yang memberikan kuasa itu kepada -Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?” Sebab
tiga partai politik Yahudi (Farisi, ahli Taurat dan Saduki) saling memperebutkan
kekuasaan. Ketika Ia menjawab bahwa kuasa-Nya dari Allah, jawaban tersebut dianggap
pelecehan. Padahal Ia berkata yang sebenarnya. Markus 10:31 menegaskan bahwa
para pengikut-Nya akan memperoleh semua dengan adil. Akan ada pembagian,
perhatian dan pemeliharaan yang adil.
Post a Comment for "Makna Mengikut Tuhan Yesus"