Translate

Karya Roh Kudus Pada Zaman Sekarang

Karya Roh Kudus pada zaman sekarang ~ Landasan firman Tuhan untuk tema karya Roh Kudus pada zaman sekarang diambil dari tulisan dokter Lukas dalam Kisah Para Rasul 1:8. Terkait dengan karya Roh Kudus pada zaman sekarang, dokter Lukas menulis: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Roh Kudus adalah Allah. Roh Kudus adalah Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Roh Kudus sederajat, sehakekat dan sama dengan Bapa dan Yesus Kristus. Karya Roh Kudus pada zaman sekarang memang tidak seperti yang terjadi pada era gereja perdana. Apalagi seperti di gereja-gereja di Indonesia, karya Roh Kudus pada zaman sekarang ini seolah-olah tidak nyata.

Saudara-saudaraku yang kekasih, Roh Kudus adalah pribadi yang memegang peranan penting dalam melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus. Ada beberapa karya Roh Kudus dalam Penginjilan:


Satu, karya Roh Kudus pada zaman sekarang adalah memberi kuasa kepada gereja dalam pemberitaan Injil.
Saudara-Saudaraku yang kekasih, karya Roh Kudus pada zaman sekarang yang pertama adalah: memberi kuasa kepada gereja.  Ayat dalam perikopnya menegaskan demikian: “Yesus Terangkat ke Sorga” dan sebelum Ia terangkat ke sorga, sebagai jawaban atas pertanyaan murid-muridNya ayat di ayat ke enam.  Sesudah ia menjawab mereka di ayat tujuh dan delapan, maka Ia terangkat ke sorga ayat 9.

Belum lama murid-murid mengalami goncangan oleh karena kematian Yesus, lalu di buat pulih oleh karena kebangkitan Kristus dari kematian, bahkan selama 40 hari Yesus bersama-sama dengan mereka.  Kemudian Ia kembali meninggalkan murid-muridNya naik ke sorga sementara murid-murid masih diliputi ketakutan dan sementara itu mereka belum mengerti apa itu Roh Kudus, oleh karena Roh Kudus belum dicurahkan.

Inilah menjadi alasan mengapa Karya Roh Kudus yang pertama bagi murid-murid adalah Menerima Kuasa, yaitu : diberi tenaga, mendapat otoritas sehingga segala ketakutan dan kelemahan mereka menjadi sirna sehingga menjadi berani, bertenaga dan berkuasa dalam melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus.

Dua, karya Roh Kudus pada zaman sekarang adalah memampukan gereja untuk bersaksi tentang Yesus.
Saudara-saudaraku yang kekasih, karya Roh Kudus pada zaman sekarang adalah memampukan gereja untuk memberitakan Injil kepada dunia.  Yang saya maksud menjadi saksi disini ialah: MENGALAMI KRISTUS.  Sebab prasyarat untuk menjadi saksi adalah harus mengalami dimana menyaksikan apa yang dilihat, apa yang di dengar, apa yang disentuh, apa yang dicium, dan lain-lain. 

Demikian juga murid-murid, apa yang mereka lihat, yang mereka dengar, yang mereka sentuh, semua hal pengalaman mereka dengan Kristus hendaknya disaksikan kepada segala makhluk.  Kalau hanya kekuatan sendiri murid-murid tidak mampu menjadi saksi tetapi Roh Kuduslah yang memampukan mereka untuk melakukannya.  Caranya : Mulai saja dulu!

Tiga, karya Roh Kudus pada zaman sekarang adalah membuat amanat Agung Yesus Kristus berhasil.
Saudara-saudaraku yang kekasih, karya Roh Kudus pada zaman sekarang adalah melakukan Amanat Agung Tuhan Yesus dengan sasaran yang tepat dan jelas. Hal ini tergambar wilayah tempat yang jelas: Yerusalem-Yudea-Samaria-Ujung Bumi. 

Teringat Kursus dan Pelatihan PI AAK kemaren di GKRI Ebenhaezer Bojong Indah.  Di Thailand yang mayoritas Budha Sasaran PI adalah orang Budha, di India – Hindu dan di Tanah air kita focus PI kita adalah kaum Kedar, sehingga Amanat Agung menjadi tepat, jelas, efisien dan berdampak.

Andalkanlah Roh Kudus dalam penginjilan, latihlah kepekaan terhadap suara Roh Kudus sebab tanpa Roh Kudus, penginjilan yang kita lakukan tidak berkuasa.  Percayalah Rohkudus member kita Kuasa, menjadikan kita saksi dalam melakukan amanat agung Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Post a Comment for "Karya Roh Kudus Pada Zaman Sekarang"