Translate

Resep Cara Membuat Siomay

Resep cara membuat siomay ~ Ingin menantang dirimu dengan kemampuan baru di dapur? Ayo kita coba yang satu ini - cara membuat siomay yang lengkap dengan video dan langkah-langkahnya yang mudah diikuti!

Siomay. Satu elemen yang super lezat dan cocok dipadankan dengan teman-temannya seperti tahu, kentang, kol, telur, hingga pare. Berpadu serasi dengan bumbu kacang dan bango kecap manis pedas, maka lengkap sudah keseruan camilan sore ini. Bahkan mungkin makan malam yang lebih awal. Semuanya dimulai dari mengetahui cara membuat siomay berikut ini.

Mencari siomay adalah perkara mudah ketika berada di Bandung khususnya ataupun Jakarta. Hanya saja ada kalanya kita sendiri ingin bisa membuatnya di rumah. Maklum, siomay adalah pilihan yang selalu paling cepat habis di antara teman-temannya. Kalau bisa membuatnya sendiri tentu akan bisa dinikmati sepuasnya, bukan?

Di video cara membuat siomay berikut ini, Chef berbagi langkah demi langkah dari membuat adonan ikan dan bagaimana membentuknya menjadi siomay. Selebihnya cukup dikukus dan siapkan waktu juga untuk membuat bumbu kacangnya yang enak. Tidak lama, siap sedia makanan yang digemari jutaan orang Indonesia ini.
Ayo, kita bersiap-siap di dapur sekarang bersama saya!


Bahan
150 g dada ayam tanpa kulit, cincang
150 g udang jerbung, kupas dan cincang
200 g fillet ikan tenggiri
250 g tepung kanji
2 butir telur ayam
15 lembar kulit pangsit


Bahan bumbu
5 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 sdt royco kaldu ayam
1 sdt merica putih bubuk
2 sdt gula pasir

Bumbu kacang
250 g kacang tanah, sangrai
5 buah cabai merah besar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 sdm bango kecap manis pedas
150 ml air
2 buah jeruk limau

Cara membuat
1. Di dalam wadah, aduk rata daging ayam, udang, dan ikan tenggiri.
2. Tambahkan bawang putih, bawang merah, telur, merica, gula,
dan royco kaldu ayam. Aduk rata.
3. Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi kenyal dan tidak lengket.
4. Masukkan adonan ke dalam kulit pangsit dan bentuk menjadi siomay.
5. Kukus selama 15-20 menit hingga matang.
6. Membuat saus kacang: Haluskan kacang, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan air, gula, garam, dan bango kecap manis pedas. Masak diatas api kecil hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.
7. Hidangkan siomay dengan saus kacang.

Cukup menantang tentunya untuk yang baru mencobanya, tapi bagi para penggemar masak pastinya akan selalu penasaran, bukan? Kuncinya adalah berlatih dan tidak lama, membuat siomay akan menjadi kebiasaan tersendiri. Sekeluarga dijamin akan menyukainya!

Post a Comment for "Resep Cara Membuat Siomay"