Translate

6 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

6 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan ~ Pembaca sehat, pada kesempatan kali ini tips-tips kesehatan akan mengulas tentang cara mengolah jahe merah bagi kesehatan. Jahe merah memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Berdasarkan hal itulah maka tips-tips kesehatan akan menguraikan tentang cara mengolah jahe merah bagi kesehatan. Kiranya informasi ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca sehat.

Tentang Jahe Merah
Pembaca sehat, berdasarkan pencarian tips-tips kesehatan melalui mesin pencari google, tips-tips kesehatan, tips-tips kesehatan menemukan penjelasan tentang jahe merah di wikipedia. Menurut artikel tersebut dijelaskan bahwa jahe jenis merah ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga sangat cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu.

Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibandingkan jahe biasa. Di beberapa negara jahe merah sudah banyak dikenal sebagai obat tradisional. Di Cina jahe merah digunakan untuk mengobati sakit perut, meningkatkan kesehatan limpa dan ginjal. Kemudian di timur tengah, jahe merah bermanfaat untuk masalah pencernaan dan menghangatkan badan.

Cara Mengolah Jahe Merah Bagi Kesehatan
Pembaca sehat, berikut ini tips-tips kesehatan akan menguraikan tentang cara mengolah jahe merah bagi kesehatan.  Silahkan pembaca sehat membaca dan menyimaknya di bawah in. 

1. Obat batuk.
Jika pembaca sehat mengalami sakit batuk, pembaca sehat bisa menggunakan jahe merah untuk mengobatinya. Siapkan 3 ruas jahe seukuran jempol, kemudian dicuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan air hingga tersisa sekitar 1 gelas setelah itu minumlah 2 kali sehari. 

2. Obat sakit kepala.
Pembaca sehat, jika mengalami sakit kepada, pembaca sehat bisa menggunakan jahe merah. Untuk mengobati sakit kepala, cuci bersih 3 jahe merah. Lalu bakar jahe tersebut dan memarkan. Kalau sudah selesai campur dengan sedikit gula dan madu lalu tuangkan 1 cangkir air dan sudah siap untuk diminum.


3. Mengatasi rematik.
Pembaca sehat, apabila pembaca sehat suatu saat terserang rematik, obat pertama yang bisa pembaca sehat gunakan ialah jahe merah. Untuk mengatasi rematik siapkan jahe merah 20 gram, daun dewa segar 30 gram, irisan kering mahkota dewa 20 gram, daun merah segar 30 gram, daun sendok 30 gram,  dan air 4 gelas. 

Cara membuat ramuan untuk mengatasi rematik ini adalah cuci bersih semua bahan kemudian diiris kecil-kecil. Setelah itu direbus tunggu hingga air tersisa 2 gelas dan langkah terakhir adalah disaring. Untuk hasil yang lebih maksimal minum 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

4. Mengatasi keropos tulang.
Pembaca sehat, untuk mengatasi keropos tulang, pembaca sehat bisa menggunakan jahe merah. Caranya ialah siapkan bahan-bahan berikut ini Jahe merah 20 gram, kacang hijau 30 gram, kapulaga 10 gram, Merica 15 gram, kayu manis 20 gram, dan air 4 gelas. Semua bahan dicuci bersih dan dilumatkan. Kemudian rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas saja dan disaring. Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore setelah makan. Sekali minum 1 gelas dan agar terasa nikmat tambahkan 2 sendok makan madu.

5. Mengatasi asma.
Pembaca sehat, sesak napas atau asma bisa menyerang siapa saja. Apa lagi dalam cuaca yang mengalami perubahan yang tidak bisa diprediksi. Pembaca sehat, bisa menggunakan jahe merah untuk mengatasinya. Jahe merah juga bisa mengatasi penyakit Asma. Caranya siapkan bahan-bahan berikut ini Jahe merah 20 gram, daun sambiloto segar 30 gram, daun randu 30 gram, daun lampes 20 gram, dan air 4 gelas. 

Untuk membuat ramuan ini semua bahan dicuci bersih dan di iris kecil-kecil. Rebus hingga tersisa 2 gelas saja lalu disaring. Untuk hasil yang maksimal minum 2 kali sehari pagi dan sore hari setelah makan. Setiap minum 1 gelas, dan agar lebih nikmat tambahkan madu dan jeruk nipis.

6. Mengatasi stroke
Pembaca sehat, sakit stroke ada salah satu jenis penyakit mematikan. Untuk mengatasi stroke siapkan jahe merah 20 gram, mengkudu 40 gram, pule pandak 20 gram, daun dewa 30 gram, daun cermai 20 gram, dan air 4 gelas. Setelah bahan sudah siap cuci sampai bersih dan diiris kecil-kecil. Rebus bahan-bahan tersebut hingga air tersisa satu setengah gelas saja lalu disaring. Minumlah 3 kali di pagi, siang dan sore setelah makan. Sekali minum setengah gelas.

Manfaat jahe merah memang sangat banyak tapi yang memiliki sakit maag tidak dianjurkan mengonsumsinya karena malah bisa memperparah kondisi lambung. Selain itu bagi ibu hamil juga tidak dianjurkan karena mengandung zat yang dapat menggugurkan kandungan. Bagi Anda yang ingin tetap sehat cobalah untuk meminum ramuan jahe merah secara rutin agar Anda bisa merasakan manfaat dari Jahe merah ini.

Post a Comment for "6 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan"