Translate

Makna Hati Yang Gembira

Makna hati yang gembira ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Amsal. Penulis kitab Amsal dalam pimpinan Roh Kudus terkait dengan hati yang gembira, menulis demikian: “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang” – Amsal 17:22.

Apa yang penulis Amsal maksudkan dengan hati yang gembira? Hati yang gembira menunjuk kepada:

1.  Hati yang baru dan hati yang taat – “Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat” – Yehezkiel 36:26.
2.  Hati yang didiami oleh Roh Kudus – “Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah” – Roma 8:16.

3.  Hati yang didiami Roh Kudus bukti bahwa kita sudah di dalam Kristus – “Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah” – Yohanes 1:12-13. 


    
    “Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup” – 1 Yohanes 5:10-12.

4.  Hati yang gembira adalah obat menunjuk kepada Tuhan Yesus Kristus adalah sumber kesembuhan, balsam dari Gilead – “Tidak adakah balsam di Gilead? Tidak adakah tabib di sana? Mengapakah belum datang juga kesembuhan luka puteri bangsaku? Tiba-tiba Babel jatuh dan pecah, ratapilah dia! Ambillah balsam untuk lukanya, mungkin ia menjadi sembuh! Yeremia 8:22; 51:8. “Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh. Sebab dahulu kamu sesat seperti domba, tetapi sekarang kamu telah kembali kepada gembala dan pemelihara jiwamu” – 1 Petrus 2:24-25; band. Yesaya 53:5-6.

5.  Hati yang gembira adalah obat menunjuk kepada hati yang melimpah dengan syukur – “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur” – Kolose 2:6-7 – “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” – 1 Tes. 5:18.

6.  Obat: sifatnya hanya temporal atau sementara atau situasional saja.
7.  Kesimpulan: Pertama, bukan hati yang gembira yang menjadi obat untuk kita sembuh. Dengan kata lain, hati yang gembira itu bukan sumber kesembuhan kita, karena tidak mungkin kita bisa gembira kalau mengalami sakit kanker, dan penyakit kronis lainnya. Sakit perut saja kita sulit untuk gembira. Dua, hati yang gembira adalah hati yang sudah dibaharui dan hati yang taat karena ada Tuhan Yesus di dalamnya melalui Roh Kudus. Tiga, hati yang gembira karena Tuhan Yesus yang menjadi sumber kesembuhan bagi kita. Empat, hati yang gembira karena melimpah dengan syukur.  

Post a Comment for "Makna Hati Yang Gembira"