Translate

Doa Yang Tidak Layak Ditiru

Doa yang tidak layak ditiru ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat Yakobus yang ditujukan kepada orang Kristen Yahudi yang tersebar di luar Palestina atau ada di tempat perantauan, yaitu dalam Yakobus 4:1-10.

Secara umum semua manusia di bumi memiliki cara untuk menghampiri “Tuhan”nya. Baik orang yang beragama Kristen maupun orang yang tidak beragama Kristen, orang yang percaya kepada Kristus maupun orang yang tidak percaya kepada Kristus dan juga para penyembah berhala.

Salah satu cara yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada “Tuhan”nya ialah melalui doa. Bagi manusia, doa menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan “Tuhan”nya yang diakui bahwa memiliki kuasa, otoritas dan kehendak yang mutlak namun juga yang setia mendengar dan mengabulkan doa yang dinaikan kepada-Nya.

Adakah pokok doa Anda yang tidak dijawab oleh Tuhan? Sering kita kecewa karena tidak menerima apa yang kita doakan dan bahkan tidak jarang kita kemudian menyalahkan Tuhan karena tidak menjawab atau mengabulkan doa kita. Ternyata di dalamm Alkitab, ada doa yang salah, sehingga tidak dijawab oleh Tuhan.


Berdasarkan tulisan rasul Yakobus yang tentunya diilhami dan dituntun oleh Roh Kudus, kita menemukan bahwa benar ada doa yang salah yang dinaikan oleh orang-orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus. Kita berpikir bahwa sesungguhnya tidak ada doa yang salah. Semua doa itu baik dan benar. Itulah yang selama ini kita pikirkan dan lakukan.

Namun, setelah kita membaca secara seksama, tulisan rasul Yakobus, maka kita menemukan bahwa ada doa yang salah sehingga doa itu tidaklah dijawab oleh Tuhan. Doa yang bagaimanakah yang disebut sebagai doa yang salah? Lalu bagaimana seharusnya kita menaikan doa kepada Tuhan?

Berdasarkan catatan rasul Yakobus, dalam suratnya kepada orang Kristen yang ada diperantauan, kita menemukan ada beberapa doa yang dinaikan oleh orang Kristen dan doa-doa itu adalah doa yang salah, yaitu:

1. Doa yang didasari oleh keinginan daging
Doa yang salah bukan karena caranya atau kata-kata yang diucapkan, tetapi karena niat dan motivasinya yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Doa yang diniatkan dan dimotivasi atau didorong hanya untuk memuaskan keinginan daging atau memuaskan hawa nafsu pastilah tidak akan dikabulkan oleh Tuhan.

Rasul Yakobus menulis: “Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu” – Yakobus 4:3.

Ketika mendengar doa kita, yang pertama-tama diperhatikan oleh Tuhan bukan rangkaian kata-katanya atau cara kita berdoa, tetapi kata-kata yang terucap dalam doa itu didorong oleh niat hati dan motif batin yang tulus dan murni. Tetapi, bila niat hati dan motif batin kita salah pada waktu kita berdoa, maka sudah pasti Tuhan menolak dan tidak mau menjawab. Mengapa? Karena Tuhan melihat sikap hati dan motif batin paling menentukan.

2. Doa yang didasari oleh keinginan dunia.
Banyak orang berdoa bukan didorong oleh karena kebutuhannya, tetapi ingin menjadi serupa dengan doa ini. Dunia yang hedonis, dunia yang memuja penampilan lahiriah dan semua yang melekat kepada dirinya. Itulah yang menjadi ukuran sukses dan diberkati.

Rasul Yakobus menulis: “Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi, barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah” – Yakobus 4:4.

Tidak sedikit orang Kristen karena ingin mengikuti keinginan dunia ini, melakukan hal-hal yang menyimpang dari kehendak Tuhan dan firman-Nya. Hal inipun terbawa sampai juga di dalam praktek doa yang dinaikan kepada Tuhan.


Duani mengedepankan penampilan lahiriah, sedangkan Tuhan dan firman-Nya mengutamakan penampilan batiniah. Artinya, kalau doa kita hanya untuk memuaskan penampilan lahiriah kita, maka doa kita tidak dijawab Tuhan. Namun, jika hal-hal lahiriah yang kita doakan itu sungguh-sungguh menjadi kebutuhan kita untuk memuliakan Tuhan dan membuat kita semakin bertumbuh dalam Tuhan, maka pasti Tuhan kabulkan.  

Post a Comment for "Doa Yang Tidak Layak Ditiru"