Translate

Ciri Pemuda Yang Memiliki Karakter Kristus 1

Ciri pemuda yang memiliki karakter Kristus ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada anak rohaninya Timotius, yaitu 1 Timotius 4:12: “Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu”.

Dalam beberapa tahun terakhir ini semua orang, semua institusi dan lembaga pendidikan berbicara banyak tentang karakter. Topik tentang karakter menjadi populer dibahas, didiskusikan dan diajarkan disebabkan karena manusia secara moral semakin menurun.

Ditandai dengan meningkatnya angka perceraian. Lalu budaya korupsi berjemaah terjadi dan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi. Angka kejahatan yang terus meningkat seperti pembunuhan, penculikan, kekerasan, perampokan dan narkoba serta lainnya. Seks bebas, hamil di luar nikah dan berujung kepada aborsi.

Nah, pemuda Kristen dihadapkan kepada semua problematika tersebut. Dan tidak sedikit dari pemuda Kristen terjerumus ke lembah hitam itu. Mengapa bisa begitu? Karena mereka tidak lagi memiliki karakter yang baik dan benar. Dengan kata lain, karakter Kristus sudah ditinggalkan dan mereka mengikuti cara hidup duniawi yang merusak masa depan mereka dan merusak nama baik keluarga dan mempermalukan Tuhan Yesus Kristus.

Dalam nasehatnya kepadaTimotius, Paulus memberikan perintah supaya Timotius mampu menjadi teladan sekalipun  Timotius masih sangat muda. Saat ini firman Tuhan juga menjadi nasehat bagi kita, rekan-rekan muda yang ada. Kita harus mampu menjadi teladan  dalam perkataan, tingkah laku, kasih, kesetiaan dan dalam kesucian.


Untuk menjadi teladan kita harus meneladai karakter Kristus. Dengan demikian, ketika orang melihat kita, maka orang akan melihat pribadi Kristus yang terpancar melalui hidup kita.

1. Peduli dengan orang-orang yang terpinggirkan
Kitab suci menceritakan banyak sekali kisah-kisah tentang kepedulian Kristus kepada orang-orang yang terpingirkan. Setiap hari ia bergaul dengan orang-orang yang dianggap sampah oleh masyarakat. Sebagai pemuda Kristen kita harus memiliki kepedulian kepada masalah sosial dan memperhatikan sesama kita yang membutuhkan pertolongan.

Bukankah dalam Alkitab dicatat bagaimana Yesus memperhatikan perempuan Samaria, para pemungut cukai, penderita kusta, dan orang-orang lain yang mungkin tidak banyak orang yang mau bergaul dengan mereka? Tetapi Kristus mau peduli dengan mereka. Bagaimana dengan kita? Biar kita juga mampu menjadi seperti Tuhan Yesu, mau peduli dan mengasihi orang-orang yang terpinggirkan.

2. Kejujuran
Karakter Kristus yang kedua yang harus kita perhatikan dan teladani adalah kejujuranNya. 2 Petrus 2:22 mengatakan: “Ia tidak berbuat dosa dan tipu tidak ada didalam mulut-Nya”. Kita harus hidup dalam kejujuran. Saat ini kejujura menjadi suatu hal yang mahal. Godaan untuk berlaku dan berkata tidak jujur ada dimana-mana.Mari kita senantiasa jujur terhadap Allah, diri sendiri dan orang lain. Kejujuran merupakan mutiara berharga yang amat menyenangkan hati Tuhan. Alkitab banyak memberikan janji-janji berkat kalau kita berlalaku jujur senantiasa. ( Amsal 2:21,3:32,11:11, 14:11,15:17)

3.Ketaatan akan tugas dan tanggung-jawab-Nya.
Mengengai ketaatan Kristus tentu kita tidak akan meragukan lagi.Salib memberikan pesan bahwa ketaaan Tuhan Yesus kepada kehendak Bapa sungguh luar biasam,bahkan taat sampai mati. Ketaatan seperti Tuhan Yesus inilah yang seharusnya menjadi teladan bagi kita. Seringkali bebagai pergumulan hidup di dunia membuat kita merasa terdesak dan sulit untuk percaya kepada Allah. Namun kita diingatkan bahwa walaupun sulit dan menuntut pengorbanan, kita harus belajat taat kepada kehendak Tuhan.Kuncai agar kita bisa terus terarah kepada kehendak Allah adalah  selalu berdoa.

Post a Comment for "Ciri Pemuda Yang Memiliki Karakter Kristus 1"