Translate

Jemaat Yang Berkarakter Kristus

Jemaat Yang Berkarakter Kristus ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Petrus yang pertama. Rasul Petrus menulis demikian: “Ketika Ia dicaci maki, Ia tidak membalas dengan caci maki; ketika Ia menderita Ia tidak mengancam, tetapi Ia menyerahkannya kepada Dia, yang menghakimi dengan adil”.
1 Petrus 2:23

Allah sedang mencari orang-orang yang bersedia dibentuk oleh Roh Kudus supaya menjadi orang-orang yang memiliki karakter seperti Kristus. Di dalam rumah Allah ada perabot-perabot yang mulia dan juga perabot-perabot yang tidak mulia seperti yang Paulus katakan di dalam 2 Timotius 2:20-21. Ia akan mencari perabot yang memiliki karakter dan stabilitas yang sedemikian rupa supaya ia bisa menunjukkan Dia pada dunia.

Pertanyaan penting yang harus diajukan ialah: “Apa bukti jemaat yang memiliki karakter Kristus?” Berdasarkan firman Tuhan, maka kita menemukan bahwa jemaat yang memiliki karakter Kristus ditandai dengan: adanya:


1. ADANYA KESANGGUPAN UNTUK DIPERLAKUKAN KASAR, DICACI MAKI, DAN DIKHIANATI TANPA ADA KEPAHITAN.
Memang benar bahwa banyak umat Allah yang menderita penghinaan dari dunia. Hal yang paling buruk bukanlah kelakuan atau tindakan yang kasar ini, melainkan kepahitan yang kadang-kadang masuk ke dalam hati sebagai akibatnya.
Contoh:
·         Yusuf – Kejadian 37:23-24; 45:5; 50:20-21
·         Yesus – 1 Petrus 2:23
·         Stefanus – Kisah 7:60  

2. ADANYA KESANGGUPAN UNTUK MENJADI MISKIN TANPA ADA KELUHAN.
Miskin bukanlah dosa, juga bukan sesuatu yang luar biasa. Bukan juga sebagai bukti kurangnya iman seperti yang beberapa orang katakan. Tentu saja ini bisa menjadi tanda akan kemalasan atau karena tidak bisa mengatur keuangan. Tetapi inipun tidak terlalu benar. Kadang-kadang orang-orang yang penuh iman menderita kemiskinan sekalipun tidak ada kesalahan. Rahasianya adalah mengetahui bagaimana hidup dalam kemiskinan tetapi masih berjalan di dalam kemenangan.

Contoh:
·         Paulus – Filipi 4:11-12.
·         Kesanggupan untuk menjadi miskin dan masih memiliki kemenangan ada rahasianya yaitu tidak mengeluh.
·         Kesanggupan untuk mengalami kekurangan tanpa ada ketakutan itu berarti percaya kepada kasih-Nya, pemeliharaan-Nya dan akan kesanggupan-Nya untuk memenuhi kebutuhanmu.
·         Selalu mengucap syukur dalam segala hal – 1 Tesalonika 5:18.

3. ADANYA KESANGGUPAN UNTUK MENJADI KAYA TANPA ADA KETAMAKAN.
Allah senang melihat kebutuhan anak-anak-Nya terpenuhi. Ia senang umat-Nya kecukupan supaya mereka bisa memberkati yang lain. Ada supply (persediaan) yang berlimpah-limpah khusus bagi mereka yang sudah belajar bagaimana caranya untuk membuka jendela-jendela surga, dan menuai tuaian yang melimpah. Allah sudah menunjukkan kepada kita bagaimana caranya untuk melakukan hal ini karena Ia ingin mencurahkan ke atas kita berkat-berkatNya.

Masalahnya dengan orang-orang percaya bahwa mereka bisa menjadi betul-betul rohani apabila mereka dalam situasi miskin karena mereka harus berdoa setiap hari dengan sungguh-sungguh supaya kebutuhannya tercukupi. Tetapi apabila mulai hidup berkelimpahan, mereka nampaknya mulai melupakan akan kebutuhan mereka terhadap Allah, dan mulai sibuk dengan hal-hal yang mulai mereka timbun.

Contoh:
·         Ananias dan Safira – Kisah Para Rasul 5:1-10
·         Abraham – Kejadian 13:14
·         Ayub – Ayub 1:1-3  
Allah mampu membuat Abraham menjadi seorang yang kaya karena Ia tahu Abraham bisa menggunakan kekayaannya dengan bijaksana. Raja Ahab, sebaliknya. Ia sudah diberkati dengan berlimpah-limpah, tetapi ia tidak puas. Ia membunuh Nabot dan merampas kebun anggurnya, karena ketamakan hatinya yang jahat. Sebagai akibatnya, penghukuman Allah datang atasnya dan istrinya yang juga jahat.


Ada beberapa orang saat ini yang memiliki urapan khusus untuk menerima dan memberi. Berkat yang hanya sepihak saja (hanya menerima tanpa memberi) adalah sangat berbahaya. Orang-orang ini tahu bahwa Allah memberkati mereka supaya mereka bisa memberkati yang lain. Mereka merupakan kekuatan yang besar bagi kerajaan Allah, dan merupakan penolong yang kuat di dalam mendukung gereja lokal atau mengirim berita cetakan. Allah mengirim kita urapan yang lebih ini.

Post a Comment for "Jemaat Yang Berkarakter Kristus"