Translate

Mengapa Iman Bisa Bertumbuh Saat Dengar Firman Tuhan

Mengapa iman bisa bertumbuh saat dengar firman Tuhan ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Kristen di kota Roma, yaitu dalam Roma 10:16-21. Dalam salah satu ayat tersebut, rasul Paulus menegaskan demikian: “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” – Roma 10:17.

Iman dan kebenaran firman Tuhan bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Dikatakan demikian, karena ada korelasi yang kuat antara iman dan kebenaran firman Tuhan. Korelasi dimaksud yaitu: satu, iman dan kebenaran firman Tuhan sama-sama berasal dari Tuhan; dua, iman dan kebenaran firman Tuhan punya peran dan fungsi yang sama dalam hidup kita; tiga, iman dan kebenaran firman Tuhan menjadi jaminan yang pasti bagi hidup kita pada masa kini dan masa yang akan datang.

Untuk menggambarkan korelasi yang kuat antara iman dan kebenaran firman Tuhan serta perannya di dalam hidup kita, saya ingin memberikan analogi kepada pembaca setia. Analogi dimaksud bisa saya uraikan sebagai berikut di bawah ini.

Kita semua tentu sudah pernah melihat paku bukan? Benda yang terbuat dari besi atau baja yang ujungnya runcing. Salah satu kegunaan paku adalah untuk memasang atau menggantung suatu benda di dinding. Ukuran paku bermacam-macam, tergantung benda yang akan kita pasang.



Paku ibarat iman kita, sedangkan dinding itu ibarat Tuhan, sedangkan benda yang digantung ibarat hidup beserta permasalahan-permasalahan kita. Semakin berat beban yang akan dipasang, maka kita membutuhkan paku yang lebih besar, dan tentunya paku itu harus tertancap kuat ke dinding.

Dalam kehidupan kita pun demikian. Permasalahan boleh datang, tetapi janganlah kita memilih paku yang salah. Jangan sampai kita memilih memiliki iman yang kecil atau iman jasmani saja yang tergantung pada situasi dan kondisi kita, yang hanya percaya kepada Tuhan ketika keadaan kita baik.

Apabila kita memilih iman jasmani, tentu kita tidak akan kuat menanggung beban permasalahan hidup kita dan kita tidak bisa melekat kuat pada Tuhan. Namun sebaliknya, ketika kita memilih iman rohani yang besar, kita akan melekat erat dengan Tuhan dan kita akan kuat menghadapi permasalahan apa pun dalam hidup kita.

Kalau kita ingin mempunyai iman rohani yang besar, bukan iman secara jasmani, maka kita harus menyadari bahwa iman timbul dari firman yang diurapi oleh Roh Kudus. Tidak cukup hanya firman yang dibaca biasa saja, karena firman yang hanya diterima secara jasmani tidak bisa menimbulkan iman rohani dalam hidup kita.

Kita butuh rhema yang Roh Kudus singkapkan bagi kita. Benar, kalau kita ingin mempunyai iman rohani, sadarilah bahwa iman rohani tidak bisa dihasilkan secara jasmani. Sadarilah bahwa kita perlu mengisi diri kita dengan firman dan Roh Kudus. Saat Roh Kudus memenuhi hidup kita, Dia pun akan mengurapi firman-firman yang kita baca. Demikianlah kita dapat memenuhi diri kita dengan rhema demi rhema yang kita terima dari pada-Nya. Pada akhirnya, iman kita pun akan bertumbuh semakin kuat.

RENUNGAN

Pembaca setia yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, iman rohani timbul dari FIRMAN YANG DIURAPI OLEH ROH KUDUS, karena itu kita butuh MENGISI DIRI dengan FIRMAN dan ROH KUDUS

APLIKASI
1. Iman seperti apakah yang Anda miliki saat ini? Iman jasmani atau iman rohani?
2. Sudahkah Anda mengisi hidup Anda dengan firman dan Roh Kudus ?
3. Apa yang dapat Anda lakukan supaya hidup Anda penuh dengan firman dan Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Terima kasih Tuhan Yesus, atas Firman yang diurapi oleh Roh Kudus. Ajari kami untuk semakin mengisi hidup kami dengan firman dan Roh Kudus, agar kami pun dapat memiliki iman rohani yang besar. Sehingga hidup kami berkenan kepada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Post a Comment for "Mengapa Iman Bisa Bertumbuh Saat Dengar Firman Tuhan"