Translate

Tujuan Yesus Menampakan Diri Kepada Para Murid

Tujuan Yesus menampakan diri kepada para murid ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil yang ditulis oleh dokter Lukas, yaitu dalam Lukas 24:36-49. Bagian firman Tuhan tersebut menceritakan tentang Yesus yang menampakan diri atau memperlihatkan diri atau menunjukkan keberadaan-Nya kepada murid-murid setelah Ia bangkit dari antara orang mati.

Secara teologis, peristiwa Yesus menampakan diri kepada para murid sesudah kebangkitan-Nya merupakan salah satu mata rantai yang tidak terpisahkan dalam rancangan dan karya Allah bagi keselamatan umat manusia. Oleh karena itu, penampakan diri Yesus kepada para murid tidak dapat dianggap sepi dan sepele oleh orang percaya.

Dikatakan demikian, karena jika Yesus tidak menampakan diri-Nya kepada para murid, maka pasti akan berdampak kepada: Satu, ada mata rantai yang hilang dalam rancangan dan karya Allah dalam menyelamatkan umat manusia. Dua, pemberitaan Injil tidak ada faedahnya. Tiga, berita hoax (Yesus dicuri oleh murid-murid-Nya) yang dihembuskan oleh para imam kepala dan orang Farisi pasti dianggap sebagai suatu kebenaran.


“Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus, dan mereka berkata: “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit. Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama”. Kata Pilatus kepada mereka: “Ini penjaga-penjaga bagimu, pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya”. Maka pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya.Matius 27:62-66.

Kalimat tanya: “Apa sesungguhnya tujuan Yesus menampakan diri kepada para murid sesudah kebangkitan-Nya?”
Kalimat peralihan: Berdasarkan catatan dokter Lukas dalam Lukas 24:36-49, maka kita menemukan bahwa ada beberapa tujuan Yesus menampakan diri kepada para murid sesudah kebangkitan-Nya, yaitu:

1. Untuk mengadakan rekonsiliasi dengan para murid-Nya – Lukas 24:36-37.
2. Untuk mengembalikan kepercayaan para murid kepada diri-Nya – Lukas 24:38-43.
3. Untuk mengubah paradigma lama para murid terhadap diri-Nya – Lukas 24:44-46.
4. Untuk meneguhkan kesaksian para murid tentang diri-Nya – Lukas 24:47-49;
    bandingkan dengan 1 Yohanes 1:1-4.


Yesus sudah bangkit dari antara orang mati. Yesus menampakan diri kepada para murid setelah kebangkitan-Nya dengan tujuan, yaitu: 

Satu, untuk menunjukkan bahwa Ia telah memaafkan dan mendamaikan diri-Nya dengan para murid. Demikian juga yang Yesus lakukan terhadap kita. 

Dua, untuk meneguhkan iman para murid dan juga kita bahwa benar Ia sudah bangkit dari antara orang mati. Kita adalah orang yang berbahagia karena sekalipun kita tidak melihat, namun kita percaya bahwa benar Yesus sudah bangkit. 

Tiga, untuk memberikan hikmat ilahi kepada para murid dan juga kepada kita supaya mengerti firman Tuhan, sehingga semua penghalang disingkirkan. 

Empat, untuk meneguhkan para murid dan juga kita supaya kebenaran Injil yang agung tentang kematian dan kebangkitan Yesus harus dikumandangkan kepada semua bangsa di muka bumi. Amin  

Post a Comment for "Tujuan Yesus Menampakan Diri Kepada Para Murid"