Translate

Ini Perintah Baru Yesus Bagi Kita

Ini perintah baru Yesus bagi kita ~ Landasan firman Tuhan dari tema tersebut diambil dari Injil yang ditulis oleh rasul Yohanes, yaitu dalam Yohanes 13:31-35. Inti dari apa yang ditulis oleh rasul Yohanes ialah tentang kasih. Sebagai pengikut Kristus, kita sudah sangat familiar dengan kata kasih.

Namun, sekalipun kita sudah begitu familiar dengan kata kasih, acapkali apa yang telah kita ketahui bertentangan dengan apa yang kita lakukan. Kita dimotivasi untuk saling mengasihi, namun yang terjadi dalam kehidupan dan interaksi sosial kita ialah kebencian, dendam, pembunuhan dan berujung kepada kematian.

Padahal kita mengetahui bahwa semua perilaku jahat, berdosa dan tidak baik itu, kita juga mengetahuinya. Namun, kita jugalah yang menjadi pelaku utama dari hal-hal itu. Sehingga menjadi kontra-produktif dengan slogan kasih yang juga kita mengetahuinya yaitu saling mengasihi.

Pertanyaan penting yang harus diajukan untuk direnungkan ialah: “Bagaimana supaya kita bisa melakukan perintah baru dari Tuhan Yesus Kristus dalam hidup kita?” Berdasarkan firman Tuhan dalam Injil Yohanes 13:31-35, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu:



1. Membaca Firman di hadirat Kristus.
Tentu hal itu sudah kita ketahui bersama. Kita juga pada masa kini telah memiliki kemudahan untuk mengakses firman Tuhan. Di rumah kita pun telah tersedia beberapa buah Alkitab. Bahkan dalam handphone kita juga sudah terinstal program Alkitab yang bisa kita bawa ke mana saja.

Namun, persoalannya ialah kita sangat minim untuk punya kerinduan membaca firman Tuhan dalam hadirat Tuhan. Kita lebih senang membaca status orang lain yang diposting di media sosial ketimbang kita membaca firman Tuhan. Inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa perintah Yesus kita tidak lakukan.

Oleh karena itu, supaya kita bisa melakukan perintah yang baru dari Tuhan Yesus yaitu supaya kita saling mengasihi satu dengan yang lainnya, marilah kita membaca firman Tuhan senantiasa dalam hadirat Kristus. Kita pasti mendapatkan manfaatnya.

2. Merenungkan Firman di hadirat Kristus
Bagaimanakah Yesus menyapa murid-murid seperti seorang ayah kepada anak-anak? Yohanes 13:33. Yesus menyapa murid2NYA dgn panggilan yg sangat intim sekali yaitu, dgn panggilan: Hai anak-anak-Ku bagaikan seorang ayah mereka. Apa perintah baru dari Yesus kepada setiap murid-Nya? Yohanes 13:34. Perintah baru dari Yesus adalah supaya kita SALING MENGASIHI, sama sprt Bapa yg MENGASIHI kita demikianlah kita HARUS saling mengasihi.

Definisi Kasih
Apa yang dimaksudkan dengan kasih? Kasih adalah: “Memberikan segala sesuatu yg ada pada diri kita utk kepentingan orang lain, walaupun harus mengorbankan diri sendiri”. Dengan kata lain kita harus rela berkorban untuk memberi dan melepaskan apa yang menjadi hak kita.

3. Melakukan Firman di hadirat Kristus.
Apa yang terjadi jika kita saling mengasihi? – Yohanes 13:34-35. Semua orang akan tahu bahwa kita adalah murid-murid TUHAN YESUS KRISTUS apabila kita Hidup dalam saling mengasihi antar sesama tanpa memandang yg DITERAPKAN sbg PERINTAH bukan PERASAAN.

Yesus benar-benar menunjukkan bahwa Ia dan Bapa adalah satu, bahkan Dia memanggil murid-murid dengan kata-kata sapaan seorang ayah, “Hai anak-anak-Ku.”
Setelah Yesus menyapa murid-murid dengan sapaan seorang ayah, Ia memberikan perintah baru kepada mereka (termasuk kita) untuk saling mengasihi. Sebab, ketika kita saling mengasihi, orang lain akan melihat kita dan berkata bahwa kita adalah murid-murid Yesus.

Jika kita saling membenci dan menaruh dendam antara satu dengan yang lain, orang lain tidak akan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat mereka.
Mari kita mempraktikkan Firman Tuhan ini. HIDUP DALAM SALING MENGASIHI ADALAH HARGA MATI ORANG KRISTEN YANG TELAH MERDEKA.

Post a Comment for "Ini Perintah Baru Yesus Bagi Kita"