Translate

Kuasa Darah Tuhan Yesus Bagi Kita

Kuasa darah Tuhan Yesus bagi kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada orang Kristen yang ada di kota Efesus. Dalam suratnya tersebut, rasul Paulus menegaskan demikian: “Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah menjadi “dekat” oleh darah Kristus” – Efesus 2:13.

Darah ditentukan dan disediakan Allah dalam kitab suci sebagai sarana penebusan dan pengudusan serta pendamaian antara diri-Nya dengan manusia berdosa. Sebab itu mengandung kuasa untuk mengadakan korban penebusan. Darah dipakai untuk mengadakan perdamaian – Ibrani 9:22, dan mengukuhkan ikatan perjanjian antara Yahwe dengan umat-Nya – Keluaran 24:3-8.

Salah satu theologumenon PB yang paling utama adalah Darah Kristus yang telah dicurahkan – Efesus 2:13; Ibrani 9:12. Seperti dulu PL dikukuhkan dengan Darah binatang kurban, demikian pula kini PB dikukuhkan dengan Darah Kristus – Markus 14:24; 1 Korintus 11:25.

Darah merupakan biaya yang dipakai Kristus untuk membebaskan orang dari dosa-dosanya – Efesus 1:7 – “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya” – biaya  untuk mendamaikannya dengan Tuhan – “Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya” – Roma 3:25. Menguduskannya – “Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk menguduskan umat-Nya dengan darah-Nya sendiri” – Ibrani 13:12 dan membenarkannya – “Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah” – Roma 5:9.


Persekutuan dalam Darah Kristus – Yohanes 6:54-56; 1 Korintus 10:16 adalah suatu ungkapan tentang relasi antara orang percaya dengan Kristus yang akrab sekali (perjamuan malam atau perjamuan kudus). Jadi, pandangan PL tentang persaudaraan oleh Darah antara Allah dengan manusia menjadi fakta terakhir dan tidak terbantahkan.

Kalimat tanya: “Apa dampak kuasa darah Yesus bagi kehidupan kita?”
Kalimat peralihan: Berdasarkan ajaran Alkitab, maka kita menemukan beberapa hal tentang dampak kuasa darah Yesus bagi kehidupan kita, yaitu:

1.    Kita yang dahulu jauh, namun oleh darah Yesus kita menjadi dekat.
     a.    Darah Yesus melepaskan kita dari dosa – Wahyu 1:5b.
     b.    Darah Yesus menyatukan kita secara total – Efesus 2:13.
          1)    Secara vertikal
          2)    Secara horizontal.
2.    Kita yang dahulu sakit, namun oleh darah Yesus kita menjadi sembuh.
     a.    Darah Yesus menyucikan hati kita – Amsal 20:30.
     b.    Darah Yesus menyembuhkan kita dari sakit – Yesaya 53:5; 1 Petrus 2:24.
          1)    Sakit rohani
          2)    Sakit psikis dan jasmani.
3.    Kita yang dahulu tidak confidence, namun oleh darah Yesus kita punya confidence.
     a.    Darah Yesus membuat kita confidence bertemu Allah yang kudus – Ibrani 10:19.
     b.    Darah Yesus membuat kita menemukan jalan yang baru dan yang hidup – Ibrani 10:21.
          1)    Yesus buka jalan yang baru dan yang hidup – Ibrani 10:20 band Imamat 16:15.
          2)    Yesus membersihkan hidup kita luar maupun dalam – Ibrani 10:22.

Betapa besar dan mulianya kuasa darah Yesus yang merupakan darah perjanjian bagi manusia untuk memperdamaikan manusia dengan Allah. Lebih daripada itu, darah Yesus membawa dampak hebat atas hidup kita, yaitu: Satu, kita yang dahulu jauh, namun oleh darah Yesus kita menjadi dekat. Dua, kita yang dahulu sakit, namun oleh darah Yesus kita menjadi sembuh. Tiga, kita yang dahulu tidak confidence, namun oleh darah Yesus kita memiliki confidence. 

Post a Comment for "Kuasa Darah Tuhan Yesus Bagi Kita"