Translate

Transformasi Kesehatan Dimulai Dari Pembaharuan Budi

Transformasi kesehatan dimulai dari pembaharuan budi ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Tuhan di kota Roma, yaitu dalam Roma 12:1-8. Salah satu ayatnya menegaskan sebagai berikut, di bawah ini:

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kutipan firman Tuhan di atas menegaskan kepada kita bahwa sesungguhnya ada korelasi kuat antara kesehatan tubuh kita dengan kesehatan pikiran dan akal budi kita. Itu sebabnya ada slogan yang mengatakan bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Patut kita akui bahwa pikiran atau akal budi kita memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam mekanisme kerja organ fisik kita. Ambil sebagai contoh bila kita banyak pikiran, maka kita akan mengarah kepada tekanan psikis sehingga berakhir pada stres.


Kalau kita stres, maka hormon dalam tubuh bekerja tidak stabil atau menjadi tidak normal. Kondisi ini akan berdampak kepada mekanisme kerja fisik. Akibatnya, kita akan menjadi mudah lemah, mudah marah, mudah kecewa, mudah putus asa dan hal-hal negatif lainnya.

Belakangan ini kopi semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat, terutama di perkotaan. Gerainya, dari yang harga segelas kopinya murah sampai mahal, banyak bertebaran di mana-mana.

Bahkan meminum kopi saat ini sudah menjadi seperti gaya hidup. Selain rasanya yang nikmat, kopi dengan merek-merek tertentu seakan dapat menunjukkan tingkat pergaulan dan status sosial seseorang.

Memang tidak salah untuk mengonsumsi kopi, sebab kopi pun memiliki manfaatnya sendiri. Namun, bukan berarti kita bisa menikmatinya sesuka hati. Bagaimanapun juga, dalam kopi terkandung kafein yang jika dikonsumsi secara berlebih akibatnya justru buruk bagi kita.

Meminum kopi berlebihan bisa menyebabkan beberapa penyakit pada jantung, tulang, kesehatan janin maupun pada masalah pencernaan. Bahkan bahaya kopi tidak hanya memicu penyakit tetapi juga kematian.

Banyak orang yang kini terjerat dalam budaya ikut-ikutan. Ketika suatu hal sedang digemari, mereka pun tidak ingin ketinggalan. Padahal belum tentu gaya hidup yang mereka turuti baik bagi mereka. Kopi hanyalah salah satu contohnya. Di dunia ini masih banyak lagi gaya hidup tidak sehat yang tanpa kita sadari telah kita ikuti karena kita memiliki pola pikir yang salah, yang mengikuti arus dunia ini.

Apabila saat ini kita masih memiliki keinginan tidak sehat yang membuat kita hidup tidak sehat, hari ini firman Tuhan mengatakan agar kita tidak menjadi serupa dengan dunia dan supaya kita memperbaharui pikiran kita.

Tentu tidak mudah untuk berubah, terutama karena Iblis tidak akan tinggal diam. Ia akan berusaha lebih banyak lagi mengisi pikiran kita dengan pikiran-pikiran yang salah. Oleh karena itu, kita perlu melawannya dengan lebih banyak lagi memenuhi diri kita dengan pemikiran-pemikiran yang sehat dan yang sesuai kehendak Tuhan.

Saat kita mengalami pembaharuan budi, maka perubahan yang radikal akan mulai terjadi. Keinginan kita akan berubah. Setelah itu perilaku kita juga berubah. Saat itulah transformasi kesehatan akan kita alami dalam kehidupan kita.

RENUNGAN
Perubahan yang membawa kita kepada TRANSFORMASI KESEHATAN yang luar biasa DIMULAI DARI PEMBAHARUAN BUDI kita

APLIKASI
Masih adakah kebiasaan buruk Anda yang berkaitan dengan kesehatan? Mengapa Anda perlu untuk memperbaharui pikiran Anda? Langkah-langkah apa saja yang akan Anda lakukan untuk menjaga kesehatan Anda?


Post a Comment for "Transformasi Kesehatan Dimulai Dari Pembaharuan Budi"