Translate

Manfaat Ibadah Bagi Hidup Kita

Manfaat ibadah bagi hidup kita ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada anak rohaninya Timotius yaitu dalam 1 Timotius 4:4-10. Salah satu ayatnya menegaskan demikian: “Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang” – 1 Timotius 4:8.

Kutipan firman Tuhan di atas, menjelaskan tentang dua hal yaitu: Pertama, menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas tersebut memang berguna bagi kesehatan kita. Namun, latihan tersebut manfaatnya terbatas bagi kita.

Kedua, hidup spiritual yang bertumbuh. Dalam ibadah yang kita lakukan dalam setiap minggu tentu memiliki manfaat. Manfaat ibadah yang bisa kita dapatkan, ada dua hal yaitu: 1) manfaat masa kini, yaitu kita bisa menghadapi beragam ujian dan tantangan serta tekanan hidup karena ada kekuatan dari Tuhan yang kita peroleh dari persekutuan kita dengan Tuhan. 2) manfaat masa depan, yaitu mempersiapkan kita untuk memasuki dan bertemu dengan Tuhan yang maha mulia dan maha suci.

Itu sebabnya penulis Ibrani menegaskan demikian: “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat” – Ibrani 10:25.



Dalam film animasi “Wall-E,” kita dapat melihat secuplik masa depan di mana teknologi menguasai kehidupan manusia. Di sana, setiap orang memiliki kursi layang canggihnya masing-masing. Kursi tersebut berfungsi seperti kendaraan yang membawa mereka ke mana pun mereka pergi.

Setiap kursinya juga memiliki sebuah layar di hadapan para pengendaranya. Layar di mana mereka dapat berkomunikasi dengan orang lain, memesan makanan atau mendapatkan berita-berita terbaru. Selain itu, ada banyak robot yang siap melayani semua kebutuhan mereka.

Praktis mereka tidak pernah turun dari kursi tersebut dan gerakan tubuh mereka pun sangat minimal. Tidak heran jika setiap orangnya bertubuh sangat gempal. Sehingga saat ada yang terjatuh, mereka tidak dapat berdiri dan naik ke kursinya kembali tanpa bantuan.

Kemajuan zaman boleh memberikan manfaat dalam berbagai aspek kehidupan kita. Namun bukan berarti kita dapat membiarkan diri kita termanjakan oleh teknologi. Bukan hanya potensi obesitas, sebenarnya jika tubuh kita jarang bergerak dan berada dalam posisi yang sama terus-menerus, otot kita dapat menjadi kaku dan tegang. Bahkan posisi tulang-tulang kita dapat berubah bentuk.

Mungkin kita perlu mengingat, ketika pertama kalinya Tuhan menciptakan manusia, Dia tidak merancangkan tubuh Adam maupun Hawa hanya untuk duduk atau berdiam lama di satu tempat. Tuhan memberikan tugas kepada mereka untuk mengusahakan dan memelihara Taman Eden yang luas.

Di masa kini, berbagai aktivitas yang ada memang tidak lagi menuntut kita untuk banyak bergerak. Namun sebagai gantinya, kita selalu bisa melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Sekarang, meskipun kita sudah tidak lagi tinggal di Taman Eden, kita tetap memiliki tugas. Tuhan menghendaki agar setiap kita mengambil bagian dalam rencana besar-Nya di bumi ini. Untuk itulah, kita perlu memastikan kondisi tubuh kita dalam kondisi prima, supaya kita selalu siaga menjalankan pekerjaan kerajaan-Nya.

RENUNGAN
Kita BUTUH BEROLAHRAGA karena tubuh kita DIDESAIN UNTUK BERGERAK

APLIKASI
Bagaimanakah Anda menggerakkan tubuh Anda sehari-hari? Sudahkah Anda banyak bergerak atau berolahraga? Apakah Anda memiliki masalah dalam kondisi tubuh Anda? Apakah ada hubungannya dengan cara Anda menggerakkan atau tidak menggerakkan tubuh Anda? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai banyak bergerak?

Post a Comment for "Manfaat Ibadah Bagi Hidup Kita"