Translate

Cara Kembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan

Cara kembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan ~ Saat hamil, pertambahan berat badan merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, pertambahan bobot tubuh ini tidak serta merta hilang setelah persalinan. Untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula seperti sebelum hamil, Bunda dapat mengupayakan untuk mengurangi berat badan, seperti berolahraga serta mengelola stres agar tidak berujung kepada kenaikan timbangan badan.

Dengan mengetahui cara-cara yang ringan dan menyenangkan, upaya mendapat bentuk dan berat tubuh yang sehat tidak akan membebani atau menyiksa Bunda.
Bunda, berupaya mengembalikan tubuh ke bentuk semula bukanlah semata untuk keindahan penampilan, melainkan demi alasan kesehatan.

Sebelum berencana memiliki anak berikutnya, disarankan untuk menghilangkan tambahan berat badan yang Bunda dapatkan selama hamil sebelumnya. Hal ini penting, terutama bagi Bunda yang mengalami kenaikan berat badan berlebih selama hamil maupun Bunda yang memang sudah kelebihan berat badan atau obesitas sebelum hamil.


Tahukah Bunda, bahkan kenaikan yang hanya 1-2 unit pada indeks masa tubuh di antara kehamilan pertama dan selanjutnya bisa meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan berikutnya. Komplikasi tersebut mencakup tekanan darah tinggi, diabetes gestasional, serta meningkatnya kecenderungan melahirkan bayi besar maupun bayi lahir mati.

Risiko ini dapat dikurangi dengan menjaga berat badan yang sehat atau mengurangi berat badan bila Bunda kegemukan. Setali tiga uang, berat badan yang sehat juga memotong risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, serta sebagian kanker.

Bunda dapat mulai mengurangi berat badan setelah melakukan pemeriksaan pada minggu keenam dan kedelapan pasca persalinan. Demikian halnya dengan berolahraga, Bunda direkomendasikan untuk menunggu enam minggu setelah melahirkan. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk pemulihan setelah bersalin. Nah, mari kita telusuri cara-cara ringan dan menyenangkan untuk mengembalikan ‘bentuk tubuh ibu-ibu’ ke ‘bentuk tubuh gadis’.

Kelola stres bunda
Memiliki bayi baru lahir bisa membuat Bunda stres dengan keharusan mengganti popok dan menyusui yang seolah-olah tiada habisnya. Lebih jauh lagi, stres sebenarnya dapat mencegah Bunda untuk berupaya mengurangi berat badan. Ini dikarenakan stres cenderung membuat Bunda mengonsumsi camilan manis, berlemak, garing, maupun asin. Oleh karena itu, mari kita kelola stres dengan langkah-langkah ini.

Tidurlah ketika si kecil tidur!
Tidak usah pedulikan cucian kotor yang menumpuk atau segudang tugas rumah tangga lainnya. Bunda bisa meminta bantuan suami, orang tua, atau orang lain untuk mengurus pekerjaan itu agar Bunda bisa tidur saat Si Kecil tidur. Tidur tambahan akan membantu tubuhmu menyingkirkan hormon stres. Sebaliknya, kurang tidur dapat menyebabkan resistensi insulin, yaitu kondisi negatif yang berdampak kepada metabolisme dan kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

Keluar rumah
Pergilah ke taman yang hijau dan sejuk untuk sekadar melepas penat atau pergilah ke mana pun yang bisa menghibur Bunda. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di ruang yang penuh dengan tanaman hijau bisa meningkatkan kebahagiaan dan menurunkan level hormon stres. Selain itu, menghabiskan waktu paling tidak lima menit di luar ruangan, dapat memperbaiki suasana hati, penghargaan terhadap diri sendiri, serta kesejahteraan psikis.

Pijat-pijat enak
Pijat tidak harus mengunjungi spa yang mahal. Dipijat suami, ibu, atau teman juga bisa memberikan kenyamanan yang sama. Pada dasarnya pijat memang merupakan salah satu cara mengusir stres.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri
Cukup hanya selama enam menit saja Bunda menikmati waktu untuk diri sendiri, Si Hormon Stres bisa berkurang. Penelitian menunjukkan bahwa membaca paling tidak enam menit dapat mengendurkan ketegangan saraf dan mengurangi level stres hingga 68 persen.

Bila Bunda bukan tipe yang hobi membaca buku, kegiatan tersebut bisa digantikan dengan mendengarkan musik, menikmati secangkir teh, atau kegiatan sederhana lainnya untuk mendapatkan efek relaksasi dan mengalihkan perhatian dari kerepotan menjadi seorang ibu baru.


Sumber: alodokterdotcom.

Post a Comment for "Cara Kembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan"