Translate

Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat

Hari ini telah lahir bagimu juruselamat ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari Injil Lukas 2:11: "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud". Firman Tuhan yang ditulis oleh dokter Lukas tersebut merupakan berita gembira atau kabar baik yang disampaikan oleh para malaikat kepada para gembala yang kala itu sedang menjaga kawanan domba di padang.

Berita gembira atau kabar baik itu menjadi momentum penting dalam kehidupan para gembala dan tentunya berita gembira atau kabar baik itu menjadi pengharapan bagi seluruh bangsa atau umat manusia di muka bumi. "Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa" - Lukas 2:10.

Berkaitan dengan tema hari ini telah lahir bagimu juruselamat yang dibangun di atas landasan firman Tuhan yang ditulis oleh dokter Lukas sebagaimana saya kutip di atas, maka ada beberapa pertanyaan penting yang perlu menjadi perhatian untuk dijelaskan di bawah ini, yaitu:

1. Bagi siapakah Yesus itu lahir?
Dokter Lukas menulis: "Hari ini telah lahir bagimu...". Untuk menjawab pertanyaan bagi siapakah Yesus lahir?, maka ada beberapa bagian penting yang harus kita perhatikan, yaitu:


Pertama, konteks dekat. Konteks dekat dimaksud menunjuk kepada orang-orang yang mengalami langsung peristiwa itu, yaitu: 1) Para gembala. Jadi, Yesus lahir untuk para gembala yang saat itu sedang melakukan tugas mereka yaitu menjaga kawanan domba. Para gembala membutuhkan Juruselamat, sehingga Yesus lahir bagi mereka. 2) Yusuf dan Maria. Walaupun mereka berdua adalah orangtua dari Yesus, namun sesungguhnya Yesus lahir untuk mereka juga karena Yusuf dan Maria membutuhkan Yesus dalam hidup mereka.

Kedua, konteks jauh. Konteks jauh dimaksud menunjuk kepada orang-orang yang tidak terlibat secara langsung dengan peristiwa itu. Orang-orang yang jauh dari peristiwa kelahiran Kristus. Siapa sajakah itu? Satu, orang-orang dalam masa Perjanjian Lama. Yesus lahir untuk bangsa Yahudi yang sudah ada sebelum Yesus lahir. Mereka yang sudah meninggal karena beragam sebab. Untuk merekalah juga Yesus lahir karena mereka juga membutuhkan Yesus sebagai Juruselamat. Dua, orang-orang Yahudi sebagai generasi penerus. Yesus lahir untuk bangsa Yahudi karena Yesus merupakan keturunan Daud. Tiga, seluruh bangsa. Yesus lahir bagi seluruh bangsa artinya sesungguhnya semua bangsa membutuhkan Yesus. Itulah sebabnya Yesus sebelum Ia naik ke sorga Dia memberi perintah: "Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" - Matius 28:19. Empat, bagi manusia berdosa. Menurut catatan dalam Alkitab menegaskan bahwa semua manusia sudah berbuat dosa dan telah hilang kemuliaan Allah - Roma 3:23. Jadi, tidak ada satu manusia pun di kolong langit ini yang tidak membutuhkan Yesus. Dengan demikian, Yesus lahir bagi semua orang karena semua orang membutuhkan juruselamat.

2. Siapakah Yesus sebenarnya?
Dokter Lukas menulis, "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud" - Lukas 2:11. 1) Silsilah Yesus. Yesus memiliki silsilah yang jelas yaitu dari keturunan Daud - Matius 1:1-17. 2) Yesus adalah Juruselamat. Kata "Juruselamat" artinya Yesuslah yang menyelamatkan kita secara sempurna dari segala dosa dan konsekuensinya. "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat". Jadi, Yesus menyelamatkan kita dari: a) Hukuman dosa. b) Kusa dosa. c) Perbuatan dosa. "Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka" - Matius 1:213) Yesus adalah Tuhan. Dialah yang berkuasa di sorga dan bumi dan di bawah bumi. Penulis Injil Matius menulis: "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi" - Matius 28:18. Rasul Paulus menulis: "Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan", bagi kemuliaan Allah, Bapa!" - Filipi 2:10-11. Dengan demikian, Yesus adalah Tuhan yang berkuasa dan berotoritas penuh atas segala sesuatu, baik yang di sorga, di bumi dan di bawah bumi. 4) Kristus artinya yang diurapi. Kata "Kristus" dalam bahasa Ibrani "Mesiah/Mesias" dan dalam bahasa Yunani "Kristos" yang artinya diurapi untuk melakukan tugas penyelamatan umat manusia. Inilah tugas khusus yang diemban oleh Yesus.