Translate

Peranan Perjamuan Kudus Bagi Kita

Apa Peranan Perjamuan Kudus Bagi Kita
1 Korintus 11:23-34
Pendahuluan
Perjamuan Kudus dalam perspektif Alkitab merupakan perintah langsung dari Tuhan Yesus kepada para murid-Nya untuk dilakukan dalam persekutuan atau ibadah umat-Nya. Perjamuan Kudus merupakan satu dari dua sakramen yang diakui oleh Gereja Protestan. Inilah yang membedakan dengan sakramen dalam perspektif Gereja Roma Katholik. Pelaksanaan Perjamuan Kudus antara gereja yang satu dengan gereja yang lain tidak sama. Terjadinya hal ini karena Alkitab sendiri tidak memberi penjelasan kapan sebenarnya Perjamuan Kudus dilaksanaka. 

Kalimat tanya: “Apa peranan perjamuan kudus bagi kita?”.
Kalimat peralihan: Berdasarkan 1 Korintus 11:23-34, maka kita menemukan ada beberapa peranan perjamuan kudus bagi kita, yaitu:

Isi

1. Perjamuan kudus menjadi momentum untuk mengingat – 1 Korintus 11:24-25.
a. Apa yang patut kita ingat?
b. Siapa yang harus diingat?
2. Perjamuan kudus menjadi momentum untuk memperbaiki diri – 1 Korintus 11:27-32.
a. Memperbaiki diri dari apa? – Roma 6:5-6.
b. Memperbaiki diri bagi siapa? – Matius 5:16; Ibrani 12:1-2.
3. Perjamuan kudus menjadi momentum kebangkitan melaksanakan tanggung jawab – 1 Korintus 11:26.
a. Tanggung jawab terhadap apa?
b. Tanggung jawab kepada siapa?

Penutup
Perjamuan kudus memiliki peranan yang penting dan sentral dalam kehidupan umat Tuhan. Dikatakan demikian, karena: Satu, perjamuan kudus menjadi momentum bagi umat Allah untuk mengingat bahwa dirinya sudah diselamatkan bukan oleh usaha dan pekerjaannya melainkan karena kasih karunia Allah yang direalisasikan di dalam dan melalui pengorbanan Tuhan Yesus – Efesus 2:8-9. Dua, perjamuan kudus menjadi momentum bagi umat Allah untuk memperbaiki diri dari segala hal yang tidak berkenan kepada Allah, sehingga waktu Tuhan Yesus datang kembali pada kali yang kedua didapati tidak bercacat cela – 1 Timotius 6:14. Tiga, perjamuan kudus menjadi momentum kebangkitan untuk melaksanakan tanggung jawab taat memberitakan Injil kepada orang berdosa supaya mereka juga diselamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus. Amin